Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pengembangan Kemampuan Penyesuain Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018
Author (Penulis)
ISNAINI RIZKA FARIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0070
Abstract
Abstrak
Isnaini Rizka Fariyanti: Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pengembangan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMAN 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 Skripsi, BK, UN PGRI Kediri, 2017.
Kata Kunci: Bimbingan pribadi-sosial, pengembangan kemampuan penyesuaian diri.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial masih kurang diterapkan kepada siswa, sehingga mengakibatkan kemampuan penyesuaian diri siswa relatif rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap pengembangan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas XI.
Layanan bimbingan pribadi-sosial merupakan bimbingan untuk membantu para individu atau kelompok dalam menyelesaikan masalah-masalah pribadi-sosial guna menjadi pribadi yang memahami kondisi dirinya dan dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosialnya. Sedangkan pengembangan kemampuan penyesuaian diri adalah pengembangan kemampuan seseorang untuk mampu beradaptasi sesuai dengan kondisi lingkungannya yang baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap pengembangan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas XI.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMAN 3 Kediri, teknik penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design yaitu dengan memberikan angket sebelum dan sesudah di berikan perlakuan, proses analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis hipotesisnya menggunakan uji t. Penggunaan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 30 siswa, yaitu pada kelas XI IPS-2
Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan uji paired sampel test menyatakan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap pengembangan kemampuan penyesuaian diri pada siswa. Hal ini di buktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung sebesar 15,353 dan t_tabel sebesar 2,045, sehingga 15,353>2,045 pada taraf signifikan 5% maka ada pengaruh pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap pengembangan kemampuan penyesuaian diri siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka, disarankan bagi guru BK atau konselor dapat menerapkan layanan bimbingan pribadi-sosial dalam mengembangkan kemampuan penyesuian diri siswa.
Keyword
Bimbingan Pribadi-Sosial, Pengembangan Kemampuan Penyesuaian Diri