PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BELAJAR EFEKTIF SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NUR ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0067

Abstract

Abstrak Nur Andriani: Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Perilaku Belajar Efektif Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyaknya siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kediri yang memiliki perilaku belajar efektif kurang dikarenakan kondisi siswa sendiri yang kurang memiliki rasa ingin belajar lebih efektif atau faktor lain. Perilaku belajar yang kurang efektif dapat mempengaruhi nilai siswa dan tingkat kecerdasan siswa maka dari itu diperlukan cara untuk membantu permasalahan siswa dalam meningkatkan perilaku belajar efektifnya. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap perilaku belajar efektif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri yang berjumlah 78. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket pretest dan posttest belajar efektif. Teknik analisis data menggunakan paired sampel t-test dan dibantu dengan menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung > ttabel (-6.424>2.042) dan diketahu taraf signifikan sebesar 0.000 yang berarti kurang daro 0.05 (0.000<0.05) yang berarti H_o ditolak dan H_a diterima. Jadi Hasil dalam penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu adaya pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap perilaku belajar efektif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Terdapat pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap perilaku belajar efektif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan nilai bahwa thitung > ttabel (-6.424>2.042) dan diketahu taraf signifikan sebesar 0.000 yang berarti kurang daro 0.05 (0.000<0.05) yang berarti H_o ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikaan: (1) Bagi guru BK di harapkan dapat memberikan layanan untuk meningkatkan perilaku belajar efektif siswa.(2) Bagi orangtua diharapkan dapat memberikan masukan yang tepat untuk menumbuhkan perilaku belajar efektif yang nantinya berguna untuk pencegahan perilaku yang negative pada siswa. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Perilaku Belajar Efektif

Keyword

BELAJAR EFEKTIF

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade