PENGARUH TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS VII-J SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SULASTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0066

Abstract

Abstrak Sulastri : Pengaruh Teknik Relaksasi Terhadap Kecemasan Belajar Siswa Kelas VII-J SMP Negeri 5 Kediri, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan obseravasi peneliti, bahwa ditemui siswa mengalami kecemasan belajar siswa merasa takut, kekhawatiran, ketegangan yang berlebihan timbul menjadi perasaan-perasaan negatif dalam diri siswa, karena mereka keliru dalam menilai suatu keadaan, kurangnya rasa percaya diri membuat mereka takut akan kegagalan, kecemasan dapat disebabkan karena penilaian diri yang salah. Dengan pemberian teknik relaksasi dapat membantu siswa membangun keterampilan kognitif untuk mengurangi cara negatif dalam merespon situasi pada lingkungan, membantu siswa mengontrol dirinya secara terus-menerus dalam kondisi ketegangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi terhadap kecemasan belajar siswa kelas VII-J SMPN 5 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) teknik relaksasi dan variabel terikat (Y) adalah kecemasan belajar. Penelitian dilaksanakan 3 sesi pertemuan pemberian teknik relaksasi otot progresive, relaksasi guided imegery, Refleksi serta pemberian angket. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan Pre experimental design dengan jenis Pre test – Post test one group design yaitu menggunakan skala sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-J SMP Negeri 5 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian menggunakan metode Non Probability sampling dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis teknik Uji t (t-test). Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung > ttabel (2,706 > 2,365) dengan taraf sifnifikan 5% sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan sesuai hasil uji hipotesis bahwa adanya pengaruh teknik relaksasi terhadap kecemasan belajar Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan: (1) untuk siswa sebaiknya dapat melakukan teknik relaksasi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik (2) untuk guru BK/ konselor dapat menerapkan teknik relaksasi pada konseling kelompok untuk mengatasi masalah kecemasan siswa selain itu dapat menggunakan metode lain (3)Bagi peneliti disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan menggunakan model atau teknik lain seperti hypnotherapy yang dapat membantu pengentasan masalah ini.

Keyword

TEKNIK RELAKSASI, KECEMASAN BELAJAR

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade