PENGARUH ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMAN 1 NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

IIS MAHMUDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0063

Abstract

ABSTRAK: Pengaruh Assertive Training Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti di SMAN 1 Ngadiluwih, dari hasil pengamatan tersebut peniliti menemukan siswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang rendah. Akibatnya proses belajar siswa terhambat, ketika ada materi pelajaran yang kurang dipahami siswa tersebut malu atau tidak berani bertanya kepada guru yang bersangkutan secara langsung. Siswa juga tidak berani menyampaikan pendapat ketika sedang berdiskusi. Proses interaksi siswapun juga terganggu, terjadi konflik saat pesan yang ingin disampaikan tidak tersampaikan dengan baik. Selain itu juga dapat mengakibatkan siswa terisolir dari lingkungan masyarakat dimana siswa tinggal, karena kurang bisa bersosialisasi dengan orang lain, mengakibatkan siswa ketinggalan informasi atas kejadian-kejadian yang terjadi dilingkungannya. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adakah pengaruh assertive training terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian 10 siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara nonprobality teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain yaitu one-group pretest-posttest design, untuk membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan (treatment). Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji-t dengan N = 10 maka diperoleh hasil thitung = 7,981. Sedangkan untuk ttabel dk (10 - 1) = 9 pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil t tabel = 2,262. Sehingga t hitung > t tabel, yaitu 7,981 > 2,262 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh assertive training terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: guru sebagai pelaksana pembelajaran dapat menerapkan treatment assertive training untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, agar siswa tidak terisolisir dari lingkungannya dan juga dapat memperlancar proses jalannya belajar siswa di sekolah. KATA KUNCI: assertive training, kemampuan komunikasi interpersonal

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI