HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS VIII SMPN 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DEBRY NUR HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0062

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada masa remaja merupakan masa peralihan (transisi) dari anak-anak menuju ke masa dewasa. Untuk menghadapi lingkungan yang ada, individu membutuhkan kepercayaan diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Sehingga dengan bersosialisasi tersebut, seseorang dapat beraktivitas dalam menjalankan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan bersosialisasi siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018 yaitu sejumlah 370 siswa, dengan sampel yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampel. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket. Dari hasil analisis data menghasilkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Kediri dalam kategori tinggi antara interval 60-80 sedangkan kemampuan bersosialisasi dalam kategori tinggi antara interval 60-80. Diperoleh tingkat korelasi r hitung > r tabel yaitu, 0,631 > 0,374 pada taraf signifikan 5% Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan kemampuan bersosialisasi siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini maka, diharapkan : (1) Bagi guru BK memperhatikan sikap dan tingkah laku peserta didik. (2) Bagi orangtua lebih memberikan perhatian pada anak dan memperhatikan perkembangan fisik dan psikisnya. (3) Bagi siswa, lebih bisa memahami dirinya sendiri. (4) Bagi pihak sekolah, diharapkan mampu bekerjasama sebagai media dalam pengembangan diri siswa. (5) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber data untuk penelitian selanjutnya. Hal tersebut bertujuan agar mempunyai prinsip dan komitmen diri sehingga anak memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dengan teman sebayanya. Kata kunci : kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI