PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII-D SMPN 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

PUTRI NOVIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0061

Abstract

ABSTRAK Putri Noviyanti: Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII-D SMPN 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: teknik diskusi kelompok, kepercayaan diri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih ditemukan siswa yang pendiam karena tidak yakin dengan fisik yang dimiliki (kelebihan berat badan), ada siswa yang menarik diri dari pergaulan dan terdapat siswa yang membolos karena kebanyakan tugas dari guru. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang memiliki kepercayaan diri, sehingga siswa kesulitan dalam membentuk kepribadiannya yang dapat menghambat perkembanganya di lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII-D SMPN 8 Kediri tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-D SMPN 8 Kediri tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Alasan peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dikarenakan jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu seluruh siswa kelas VIII-D dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan one-group pre-test dan post-test design. One-group pre-test dan post-test design dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian berdasarkan uji analisis uji-t dengan N = 28 diperoleh hasil t hitung = 5,442. Bila dilihat pada t tabel untuk dk (28 – 1) = 27 pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel = 1,703. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 5,442 > 1,703 maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII-D SMPN 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini bahwa teknik diskusi kelompok berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki siswa kelas VIII-D SMPN 8 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh sebab itu untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki siswa agar dapat meraih prestasi yang membanggakan disarankan kepada guru agar menerapkan teknik diskusi kelompok untuk menigkatkan kepecayaan diri yang dimiliki siswa. KATA KUNCI : teknik diskusi kelompok, kepercayaan diri.

Keyword

TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DAN KEPERCAYAAN DIRI

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade