Hubungan antara Konsep Diri dengan Keterampilan Komunikasi Interpesonal Siswa Kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih Tahun ajaran 2017/2018
Author (Penulis)
DWI NUR FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0059
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih terdapat siswi yang kurang memahami tentang penilaian, pandangan atau gambaran dirinya, sehingga konsep diri ini termasuk konsep diri yang negatif. Masih ada siswa yang didalam kelas hanya mendengarkan enggan untuk bertanya, bahkan berkomunikasi dengan teman sekelasnya saja jarang. Hal tersebut dikarenakan konsep diri yang dimiliki oleh siswa negatif sehingga keterampilan komunikasi interpersonal siswa rendah. Namun jika konsep diri pada siswa positif maka keterampilan komunikasi interpersonalnya juga baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMAN 1Ngadiluwih tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih tahun 2017/2018 yaitu sejumlah 203siswa, dengan sampel sejumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket.Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh hasil analisis datakonsep diri siswa dalam kategori sedang. Tingkat korelasi r hitung 0,540? r tabel 0,444. Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan yang positif antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih.