PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WARDIANA APRILLIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0058

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pemberian layanan BK masih didominasi oleh aktivitas klasikal ceramah dimana guru yang berperan aktif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi membuat siswa akan ikut terlibat langsung dan memberi contoh nyata bagaimana manfaat memiliki kepercayaan diri yang baik. Maka dari itu diperlukan metode pembelajaran seperti role playing. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh teknik role playing terhadap kepercayaan diri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain pre experimenttal one group pre test post test. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Mojo yang berjumlah 380. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Menggunakan angket sebagai instrumen yang dilakukan sebanyak tiga yaitu memberikan pre test dilanjutkan dengan treatment berupa role playing dan terakhir pemberian post test. Teknik analisa data menggunakan pearson product moment dan dibantu dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian berdasarkan uji paired samples test menyatakan sebesar 6,592 dan sebesar 1,687. Sehingga 6,592 > 1,687 pada taraf signifikasi 5% ditolak. Jadi hasil dalam penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu adanya pengaruh teknik role playing terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMPN1 Mojo tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Tujuan penggunaan role playing adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan contoh nyata bagaimana kepercayaan diri siswa, guru BK hendaknya meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling, sehingga siswa mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI