HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DINI NURJANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0052

Abstract

ABSTRAK DINI NURJANA: Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak siswa sekolah menengah atas yang cenderung belum bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan, dan teman-teman disekeliling mereka. Kebanyakan mereka yang tidak bisa menyesuaikan diri memilih diam sendiri, tidak mau bertanya atau saling sapa terhadap temanteman yang lain. Ketika kesulitan dalam pelajaran mereka juga cenderung diam dan tidak mau bertanya baik keteman atau guru. Akibat dari permasalahan itu menghambat perkembangan mental dan belajar siswa. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan ketrampilan komunikasi interpersonal yang baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa SMA Pawyatan Daha Kediri? (2) Bagaimana penyesuaian diri dan komunikasi interpersonal siswa SMA Pawyatan Daha Kediri? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara komunikasi interpersonal siswa yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang digunakan adalah teknik korelasional, dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Pawyatan Daha kediri. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode kuesioner. Metode analisis data terdiri dari analisis deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Deskripsi data digunakan untuk menggambarkan data pada masing-masing variabel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji hipotesis. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Bahwa komunikasi interpersonal siswa kelas X sekolah menengah atas termasuk kategori sedang, (2) Gambaran umum penyesuian diri siswa kelas X SMA Pawyatan Daha kediri termasuk kedalam kategori sedang, (3) komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa memiliki derajat hubungan yang sangat kuat. Koefisien korelasi tersebut bernilai positif, artinya komunikasi interpersonal memiliki hubungan yang signifikan terhadap penyesuaian diri siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasi : (1) bagi guru pembimbing, guru BK diharapkan memberikan layanan bimbingan yang bersifat pengembangan kepada siswa kelas X SMA Pawyatan Daha kediri, dengan tujuan agar siswa mampu memelihara dan mengembangkan komunikasi interpersonal yang telah dimiliki agar siswa dapat menyesuaiakan diri dengan baik di sekolah. (2) Bagi orang tua diharapkan dapat melibatkan anak dalam berpendapat ketika dirumah, agar melatih komunikasi interpersonal siswa. KATA KUNCI : Komunikasi interpersonal, penyesuaian diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI