HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
DINI NURJANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0052
Abstract
ABSTRAK
DINI NURJANA: Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri
Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN
PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih
banyak siswa sekolah menengah atas yang cenderung belum bisa menyesuaikan diri terhadap
lingkungan, dan teman-teman disekeliling mereka. Kebanyakan mereka yang tidak bisa
menyesuaikan diri memilih diam sendiri, tidak mau bertanya atau saling sapa terhadap temanteman
yang lain. Ketika kesulitan dalam pelajaran mereka juga cenderung diam dan tidak mau
bertanya baik keteman atau guru. Akibat dari permasalahan itu menghambat perkembangan
mental dan belajar siswa. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan ketrampilan komunikasi
interpersonal yang baik.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hubungan antara komunikasi
interpersonal dengan penyesuaian diri siswa SMA Pawyatan Daha Kediri? (2) Bagaimana
penyesuaian diri dan komunikasi interpersonal siswa SMA Pawyatan Daha Kediri? Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara komunikasi interpersonal
siswa yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang digunakan
adalah teknik korelasional, dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Pawyatan Daha
kediri. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode kuesioner. Metode analisis data terdiri
dari analisis deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Deskripsi data digunakan
untuk menggambarkan data pada masing-masing variabel. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji hipotesis. Teknik
analisis data menggunakan korelasi product moment.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Bahwa komunikasi interpersonal siswa
kelas X sekolah menengah atas termasuk kategori sedang, (2) Gambaran umum penyesuian
diri siswa kelas X SMA Pawyatan Daha kediri termasuk kedalam kategori sedang, (3)
komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa memiliki derajat hubungan yang
sangat kuat. Koefisien korelasi tersebut bernilai positif, artinya komunikasi interpersonal
memiliki hubungan yang signifikan terhadap penyesuaian diri siswa.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasi : (1) bagi guru pembimbing,
guru BK diharapkan memberikan layanan bimbingan yang bersifat pengembangan kepada
siswa kelas X SMA Pawyatan Daha kediri, dengan tujuan agar siswa mampu memelihara dan
mengembangkan komunikasi interpersonal yang telah dimiliki agar siswa dapat
menyesuaiakan diri dengan baik di sekolah. (2) Bagi orang tua diharapkan dapat melibatkan
anak dalam berpendapat ketika dirumah, agar melatih komunikasi interpersonal siswa.
KATA KUNCI : Komunikasi interpersonal, penyesuaian diri.