PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

AGUS SUGIARTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0049

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMK Kartanegara Kediri terdapat beberapa siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, diantaranya rendahnya tanggung jawab siswa dalam belajar, kurangnya percaya diri, disiplin diri yang rendah, dan kedewasaan diri dalam belajar. Dalam hal ini pemberian layanan bimbingan belajar bisa membantu memecahkan kesulitan belajar siswa dan mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemandirian belajar siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri sebelum diberi Layanan bimbingan belajar? (2) Bagaimana kemandirian belajar siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri setelah diberi Layanan bimbingan belajar? (3) Apakah ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pre-experimental designs. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri yang berjumlah 393 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu pengambilan sampel kelas secara acak. Dalam hal ini kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dapat diketahui memalui hasil pretest dan posttest dengan menggunakan angket kemandirian belajar. Teknik analisa data menggunakan paired sampel t-test dan dibantu dengan menggunakan SPSS 16  for windows. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung (4,991) > ttabel (2,042) dengan derajat kebebasan (df) 35. Sehingga ho ditolak dan h1 diterima dengan demikian maka ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas XI TKJ SMK Kartanegara Kediri.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Sebelum pemberian layanan bimbingan belajar, menunjukkan hasil siswa yang memilih kategori kemandirian belajar tinggi 47,22%, sedang 41,67%, dan rendah 11,11%. (2) Sesudah pemberian layanan bimbingan belajar pada siswa menunjukkan hasil yang memilih kategori kemandirian belajar tinggi 58,33%, sedang 41,67%. (3) Setelah diberikan layanan bimbingan belajar terbukti bahwa ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas XI TKJ 1. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan layanan bimbingan belajar adalah untuk membantu meningkatkan kemandirian dalam belajar. (2) Bagi guru BK diharapkan mampu memberikan bimbingan belajar agar siswa dapat mandiri dalam belajar.

 

Kata kunci : layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar.


Keyword

layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Pramono, S. 2013. Pendidikan Formal.(online),http://pendidikan-berkarakter.wordpress.com.(diakses tanggal, 17 april 2017)

 

Ahmadi, A. dan Widodo, S. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan,Bandung: Alfabeta.

 

Tahar, I. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, Vol.7 (2). (online), http://lppm.ut.ac.id/ptjj/72sep06/tahar.pdf. (diakses tanggal, 11 Mei 2017)

 

Tahar, I. dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, Vol.7(2):91-101.(online),http://lppm.ut.ac.id/ptjj/72sep06/tahar.pdf. (diakses tanggal, 11 Mei 2017)

 

Yusuf, S. dan Juntika, N. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Rosda Karya.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade