EFEKTIVITAS PENERAPAN HIPNOTERAPI TEKNIK REGRESSION THERAPY UNTUK MENGATASI GLOSSOPHOBIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

DWI FATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0044

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 3 Kediri, bahwa hampir disetiap kelas masih terdapat siswa yang takut untuk berbicara di depan umum (glossophobia). Seperti ketika ditunjuk untuk menjawab mereka memilih diam atau saat guru memberikan kesempatan untuk bertanya mereka juga memilih untuk bertanya kepada teman yang lain. Akibatnya siswa yang menderita glossophobia tidak berkembang secara optimal. Hal tersebut terlihat dari prestasi siswa yang tergolong biasa. Permasalahan penelitian ini adalah apakah hipnoterapi teknik regression therapy efektif untuk mengatasi glossophobia siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain SSD (Single Subject Design) dengan subjek penelitian 2 siswi kelas VII SMP Negeri 3 Kediri dengan inisial DZ dan SS. Penelitian ini dilaksanakan dalam 7 kali pertemuan, 3 kali fase baseline dan 4 kali fase intervensi. Pada setiap pertemuan di fase intervensi, peneliti mengajak subjek melakukan relaksasi dan mengajak subjek mundur ke masa lalu untuk menemukan serta mengalami kembali akar permasalahan yang menyebabkan subjek mengalami glossophobia. Setelah kegiatan ini selesai, subjek diminta untuk mengisi angket glossophobia dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar penurunan glossophobia yang dirasakan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPLKI, lembar observasi aktivitas siswa selama KBM, dan kuesioner glossophobia siswa. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa pada fase baseline subjek DZ memperoleh skor sebesar 65%, subjek SS memperoleh skor sebesar 78%. Dan pada fase intervensi DZ memperoleh skor sebesar 60%, subjek SS memperoleh skor sebesar 51%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hipnoterapi teknik regression therapy efektif untuk mengatasi glossophobia siswa. Hal ini dibuktikan dengan trend dari grafik kedua subjek menurun yang menunjukkan perubahan positif dimana glossophobia subjek juga mengalami penurunan. KATA KUNCI : Hipnoterapi teknik regression therapy, glossophobia.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI