PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL MENGGUNAKAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI TKJ 2 DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TARUMA ARFIDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0042

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru BK di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, yaitu masih terdapat siswa yang mempunyai tingkat kedisiplinan rendah.Siswa tersebut menunjukkan perilaku yang kurang disiplin atau melanggar aturan, seperti membolos, terlambat masuk kelas, dan bermain HP saat pelajaran.Adapun rumusan masalah yang dikaji peneliti yaitu adakah pengaruh penerapan konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI TKJ 2 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, keteraturan dan ketertiban. Sedangkan konseling behavioral teknik kontrak perilaku merupakan suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan konselor kepada konseli dengan kesepakatan tertulis untuk mengubah tingkah laku tertentu pada konseli dengan memberikan ganjaran atas perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kedisiplinan siswa sebelum diberikan konseling behavioral teknik kontrak perilaku (2) kedisiplinan siswa setelah diberikan konseling behavioral teknik kontrak perilaku (3) apakah kedisiplinan siswa dapat ditingkatkan menggunakan konseling behavioral teknik kontrak perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre-eksperimental dan design penelitian menggunakan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 6 siswa kelas XI TKJ 2 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel.Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku dapat meningkatkan kedisiplinan siswa, hal tersebut terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) = 0,027 ? 0,05. H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh penerapan konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI TKJ 2 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) konselor diharapkan dapat membantu siswa yang mempunyai kedisiplinan rendah menggunakan teknik kontrak perilaku (2) bagi siswa diharapkan mempunyai kedisiplinan tinggi untuk orang lain dan kehidupan kedepannya lebih baik (3) bagi peneliti yang akan mengkaji permasalahan yang sama dapat mengembangkan teknik kontrak perilaku. KATA KUNCI : Konseling Behavioral, Teknik Kontrak Perilaku, Kedisiplinan

Keyword

Konseling Behavioral, Teknik Kontrak Perilaku, Kedisiplinan.

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade