EFEKTIFITAS PENGGUNAAN HIPNOTERAPI TEKNIK PARTS THERAPY UNTUK MENANGANI SISWA YANG KECEWA AKIBAT PUTUS HUBUNGAN CINTA PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YULITA PUSPA NUR ANISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0040

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memulai kisah cinta diusia remaja. Sebagian besar masalah yang dihadapi oleh siswa remaja adalah masalah cinta. Masa-masa menjadi seorang siswa remaja adalah masa paling menentukan masa depan. Masa depan seorang siswa remaja akan terganggu jika masalah hubungan cinta mereka sedang rumit. Masalah putus hubungan cinta adalah penyebab pertama berkurangnya konsentrasi belajar yang jika berkelanjutan akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah Seberapa efektifkah hipnoterapi teknik Parts Therapy untuk menyelesaikan masalah siswa yang kecewa akibat mengalami putus hubungan cinta?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas X. Penelitian ini dilakukan dalam 6 kali pertemuan dengan DL dan FN, dan pada setiap pertemuan peneliti melakukan hipnoterapi dengan teknik parts therapy untuk diketahuinya permasalah yang dialami oleh DL dan FN dengan adanya konflik didalam dirinya sendiri. Setelah dilakukannya hipnoterapi teknik parts therapy subjek diminta mengisi angket untuk mengetahui hasil perubahan dari masing-masing subjek. Hasil dari penelitian ini, DL memiliki skor , 88%, 78% dan 71% pada tahap baseline dan 55%, 42%, dan 33% pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Sedangkan FN memiliki skor 88%, 74% dan 74% pada tahap baseline dan 69%,52%, dan 44%, pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Penggunaan hipnoterapi teknik parts therapy efektif untuk menangani siswa yang kecewa akibat putus hubungan cinta. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Penggunaan hipnoterapi dapat dijadikan salah satu alternatif cara untuk melakukan konseling indidu, (2) penggunaan hipnoterapi tidak hanya digunakan untuk penanganan masalah cinta saja, tetapi juga bisa dilakukan untuk sekedar relaksasi pada siswa yang lain. KATA KUNCI : penggunaan, hipnoterapi, teknik parts therapy, siswa kecewa, putus hubungan, cinta.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI