EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0039

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan di lapangan peserta didik belum mampu menggunakan konsep yang diperolehnya dari bangku sekolah untuk mengatasi masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari karena mereka kurang percaya diri. Ketidak percayanya diri ini tampak saat siswa malu ketika di suruh maju ke depan kelas dan malu ketika ia mengutarakan pendapatnya. Percaya diri pada siswa merupakan unsur utama pembentuk pribadi. Kurangnya percaya diri pada siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat membuat siswa tersebut mendapat kesulitan dalam mencapai prestasi yang diharapkan.Model pembelajaran example non example adalah model pembelajaran yang membelajarkan murid terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya melalui analisis contoh-contoh berupa gambar-gambar, foto, dan kasus yang bermuatan masalah. Sedangkan Sebagai suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam kehidupannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran example non example meningkatkan percaya diri siswa menggunakan pendekatan kuantitaif dengan desain eksperimen pra eksperimental (memberi perlakuan) yaitu dengan jenis desain one group pretest dan posttest design tanpa ada kelompok pembanding. Pengambilan sampel dengan mengunakan teknik cluster random sampling, dan yang terambil adalah kelas VIII E, dengan jumlah siswa 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket percaya diri dengan jumlah 25 item.Analisis penelitian menggunakan uji t-test dengan bantuan penghitungan IBM SPSS Statistics 21.00. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung = -15,397, sedangkan harga t tabel = 2,030 dengan dk (36-1) = 35, pada taraf signifikan 5% adalah 2,030. Maka hasilnya –t hitung > t tabel (-15,397>2,030) maka H1 diterima, artinya model pembelajaran example non example efektif terhadap percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan dalam kegiatan layanan bimbingan konseling, guru adalah jembatan terpenting dalam selalu memberikan motivasi dan informasi dalam membentuk sikap yang baik. Sehingga dengan adanya motivasi dan perhatian dari guru tentang perilaku siswa, maka siswa akan merasa dirinya diperdulikan, dan dalam kegiatan belajar mengajar siswa dapat berkembang secara optimal. KATA KUNCI : model pembelajaran example non example, percaya diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade