PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS X TKJ 3 SMKN 1 REJOTANGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AYU KUSUMANING TYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0038

Abstract

Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Percaya Diri Siswa Kelas X TKJ 3 SMKN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2017/2018 Ayu Kusumaning Tyas 13.1.01.01.0038 FKIP – Bimbingan dan Konseling Tyasayu010@gmail.com Dra. Endang Ragil W.P, M.Pd dan Santy Andrianie, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan konselor di SMKN 1 Rejotangan, bahwa diantara peserta didik masih ada yang mengalami kurang percaya diri dalam bergaul dan berkomunikasi.Maka rumusan masalah yang dikaji peneliti yaitu adakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap percaya diri siswa kelas X TKJ 3 SMKN 1 rejotangan tahun pelajaran 2017/2018. Percaya diri atau self confident merupakan keyakinan atau perasaan percaya akan kemampuan terbaik pada diri sendiri dengan apapun yang dimiliki. Sedangkan sosiodrama yaitu salah satu bentuk bimbingan kelompok yang dipergunakan memecahkan masalah sosial dengan melalui kegiatan bermain peran dan Bimbingan kelompok dilakukan dengan memanfaatkan suasana kelompok tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap percaya diri siswa Kelas X TKJ 3 SMKN 1 Rejotangan.Desain penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian one-group pretest-posttest.Pelaksanaan penelitian diawali dengan pelaksanaan pre-test dilanjutkan dengan pemberian treatment dan kegiatam akhir dengan pemberian post-test.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X TKJ 3 SMKN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket percaya diri siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan uji normalitas menggunakan metode Shapro-Wilk berdistribusi normal. Terbukti dari nilai hasil data pre-test 0,184 dan post-test 0,367 lebih besar dari nilai sig. 5% ? = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji paired sampels test diketahui bahwa angka hasil perhitungan atau thitung sebesar -9,832 lebih besar dari ttabel untuk db N – 1 = 19 taraf signifikansi 5% sebesar 2,093, dengan harga signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditotak dan Ha diterima. Hasil analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap percaya diri siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan utama bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri peserta didik. Oleh karena itu konselor sekolah diharapkan mampu menerapkannya dalam layanan bimbingan di sekolah. (2) Konselor sekolah masih perlu mempertimbangkan materi apa yang sesuai atau tidak dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Kata Kunci : bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, percaya diri

Keyword

Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Percaya Diri

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade