KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AZIZAH RATNA SHALIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0037

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa 30% dari 379 siswa kelas XI di SMAN 1 Kauman Tulungagung belum sepenuhnya menerapkan kedisiplinan. Akibatnya banyak siswa yang datang terlambat , keluar dari kelas dan ke kantin saat jam pelajaran berlangsung, bermain HP saat jam pelajaran berlangsung,tidak sopan dengan guru dan tidak memakai atribut lengkap. Konseling kelompok dengan pendekatan realita adalah suatu sistem yang difokuskan pada tingkah laku sekarang yang mana konselor berfungsi sebagai guru dan model serta mengkonfrontasikan konseli dengan cara-cara yang bisa membantu konseli menghadapi kenyataan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar tanpa merugikan dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan pendekatan realita efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 34 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yang berjumlah 5 orang adalah purposive sample.Pengumpulan data penelitian ini menggunakann kuesioner. Analisis data secara deskriptif menunjukkan rata-rata kedisiplinan 39,2 (kategori rendah). Analisis dta menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan hasil signifikansi ,< 0.05 (0.042 ? 0.05). hal ini berarti hasil kedisiplinan siswa pengalami peningkatan dari sebelum diberikan treatment dan sesudah diberi treatment. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini konseling kelompok realita efektif digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini direkomendasikan : (1) siswa dapat meningkatkan kedisiplina nnya dengan menggunkan strategi WDEP dalam kehidupan sehari-hari secara benar, realistis dan bertanggungjawab sehingga dikemudian hari siswa akan menjadi orang yang memiliki kedisiplinan yang baik. (2) Guru BK dapat menerapkan layanan konseling kelompok realita ini sebagai salah satu layanan untuk membantu siswa untuk meningkatkan kedisiplinannya. KATA KUNCI : efektifitas, konseling kelompok realita, kedisiplinan siswa

Keyword

efektivitas, konseling kelompok reaalita, kedisiplinan siswa

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade