ABSTRAK
Rico Hanggara: Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2018/ 2019, Skripsi, Bimbingan & Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi pengalaman PPL di SMK PGRI 3 Kediri, yaitu adanya perilaku siswa yang kurang dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan itu di tunjukan dengan perilakunya yang pendiam dan kurang berinteraksi dengan orang lain, akibatnya berdampak kepda hasil belajar yang kurang memuaskan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara penyesuaian diri di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 3 KEDIRI tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposif random sampling dengan jumlah sampel 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner penyesuaian diri dan hasil belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment memperoleh nilai rhitung -0,246 sedangkan rtabel , 0,349. Sesuai norma keputusan jika rhitung ? rtabel , maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti tidak terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, maka saran peneliti bagi guru BK dapat memberikan layanan bimbingan & konseling baik bimbingan kelompok dan klasikal ataupun konseling individu dan kelompok kepada seluruh siswa, khususnya tentang kemampuan social dan penyesuaian diri serta mempertahankan hasil belajar.
Kata kunci: penyesuaian diri, hasil belajar
DAFTAR PUSTAKA
Supratikna, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Kartono, K. 2002. Katologi Sosial Gangguan Jiwa. Jakarta : Raj Grafindo persada
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.