Hubungan Antara Penyesuaian Diri Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

RICO HANGGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0036

Abstract

ABSTRAK

 

 

Rico Hanggara: Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2018/ 2019, Skripsi, Bimbingan & Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi pengalaman PPL di SMK PGRI 3 Kediri, yaitu adanya perilaku siswa yang kurang dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan itu di tunjukan dengan perilakunya yang pendiam dan kurang berinteraksi dengan orang lain, akibatnya berdampak kepda hasil belajar yang kurang memuaskan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara penyesuaian diri di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 3 KEDIRI tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposif random sampling dengan jumlah sampel 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner penyesuaian diri dan hasil belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment memperoleh nilai  rhitung  -0,246 sedangkan   rtabel , 0,349. Sesuai norma keputusan jika  rhitung ? rtabel , maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti tidak terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, maka saran peneliti bagi guru BK dapat memberikan layanan bimbingan & konseling baik bimbingan kelompok dan klasikal ataupun konseling individu dan kelompok kepada seluruh siswa, khususnya tentang kemampuan social dan penyesuaian diri serta mempertahankan hasil belajar.

 

Kata kunci: penyesuaian diri, hasil belajar


Keyword

penyesuaian diri, hasil belajar

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Supratikna, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

 

Kartono, K. 2002. Katologi Sosial Gangguan Jiwa. Jakarta : Raj Grafindo persada

 

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

 

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade