PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGADILUWIH TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MOH. FARID DHIMAS ANDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0034

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berinteraksi sosial yang rendah. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terdapa siswa yang tidak mendengarkan dan menghargai gurunya yang sedang mengajar, siswa yang lebih suka berbicara sendiri dengan temannya, siswa yang suka membuat kegaduhan sehingga suasana kelas menjadi terganggu, akhirnya dapat dikatakan bahwa masih rendahnya kemampuan berinteraksi siswa. Oleh karena itu kemampuan siswa dalam berinteraksi sosial sangat penting untuk ditingkatkan. Salah satunya dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngadiluwih Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian pre-eksperimentaldan design penelitian menggunakan bentuk one-group pretest-posttest. Adapun penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pretest, pemberian treatmentbimbingan kelompok dengan teknik diskusi dan pemberian posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket berinteraksi sosial siswa. Populasi yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 8 siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngadiluwih. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampel. Untuk teknik analisis data yang digunakanadalah teknik uji wilcoxon.Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon menunjukan bahwa nilaiAsymp.Sig (2-tailed) = 0,012.Sehingga Asymp.Sig ? 0,05.SesuainormakeputusanapabilanilaiAsymp.Sig. (2-tailed) ? 0,05 maka H1diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian ini saran bagi (1) konselor, teknik diskusi dapat digunakan sebagai acuan untuk mengatasi siswa yang kemampuan berinteraksi rendah. (2) bagi siswa, diharap siswa dapat mempunyai kemampuan berinteraksi sosial yang tinggi (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan teknik diskusi untuk mengatasi permasalahan berinteraksi sosial siswa. KATA KUNCI : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Berinteraksi Sosial.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI