PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS X SMAN 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TASIA ARSY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0033

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SMAN 5 Kediri, yaitu ditemukan ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan bersosialisasi rendah, seperti susah bergaul dengan temannya, kurangnya komunikasi dan rasa percaya diri. Siswa yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik sangat terlihat disini karena siswa berkumpulnya hanya dengan teman yang kenal saja. Layanan bimbingan sosialadalah, seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat menghadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian pribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi dan sosial yang dialaminya. Tujuan Peneliti ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan bersosialisasi siswa itu terjadi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dalam bentuk OneGroup Pretest-Posttes Design.Dalam penelitian ini pemilihan sampel dengan menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak untuk memperoleh kelompok yang akan mengubah populasi menjadi sampel.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 sebanyak 30 siswa dari total kelas X IPA dan IPS di SMAN 5 Kediri. Dari hasil analisis diatas dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 16.0, dapat dilihat bahwa t hitung dengan jumlah 25,875 dibandingakan dengan t tabel, dengan derajat kebebasan (dk)=n-1=(30-1=29) dan taraf kesalahan ?=5%. Berdasarkan dk= 29 dan ?=5%, ternyata harga t tabel=2,04523. Dengan demikian perbandingan antara t hitung dan t tabel adalah t hitung lebih besar dari t tabel( 25,875>2,04523), maka hasil signifikan, akibatnya Ho ditolak. Jadi kesimpulannya”Ada pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X SMAN 5 Kediri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa saran yang dapat di sampaikan (1) Bagi konselor/ Guru : Guru pembimbing diharapkan dapat membantu siswa mengatasi kemampuan bersosialisasi dengan teknik bimbingan sosial. (2) Bagi siswa : Diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi dalam menghadapi segala hal. (3) Bagi Peneliti Selanjutnya : Peneliti yang ingin mengkaji permasalahan yang sama dapat mengembangkan lagi layanan bimbingan sosial untuk meminialisir kemampuan bersosialisasi. KATA KUNCI :bimbingan sosial, kemampuan bersosialisasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI