PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS X SMAN 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
TASIA ARSY
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0033
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SMAN 5 Kediri, yaitu
ditemukan ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan bersosialisasi rendah, seperti susah bergaul
dengan temannya, kurangnya komunikasi dan rasa percaya diri. Siswa yang tidak bisa bersosialisasi
dengan baik sangat terlihat disini karena siswa berkumpulnya hanya dengan teman yang kenal saja.
Layanan bimbingan sosialadalah, seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat
menghadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian
pribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif
yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi
dan sosial yang dialaminya.
Tujuan Peneliti ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara layanan bimbingan sosial
terhadap kemampuan bersosialisasi siswa itu terjadi.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dalam bentuk OneGroup Pretest-Posttes Design.Dalam penelitian ini pemilihan sampel dengan menggunakan teknik
random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak untuk
memperoleh kelompok yang akan mengubah populasi menjadi sampel.Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X-IPS 1 sebanyak 30 siswa dari total kelas X IPA dan IPS di SMAN 5 Kediri. Dari
hasil analisis diatas dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 16.0, dapat dilihat bahwa t hitung
dengan jumlah 25,875 dibandingakan dengan t tabel, dengan derajat kebebasan (dk)=n-1=(30-1=29)
dan taraf kesalahan ?=5%. Berdasarkan dk= 29 dan ?=5%, ternyata harga t tabel=2,04523.
Dengan demikian perbandingan antara t hitung dan t tabel adalah t hitung lebih besar dari t tabel(
25,875>2,04523), maka hasil signifikan, akibatnya Ho ditolak. Jadi kesimpulannya”Ada pengaruh
yang signifikan pemberian layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas
X SMAN 5 Kediri.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa saran yang dapat di sampaikan (1)
Bagi konselor/ Guru : Guru pembimbing diharapkan dapat membantu siswa mengatasi kemampuan
bersosialisasi dengan teknik bimbingan sosial. (2) Bagi siswa : Diharapkan siswa dapat meningkatkan
kemampuan bersosialisasi dalam menghadapi segala hal. (3) Bagi Peneliti Selanjutnya : Peneliti yang
ingin mengkaji permasalahan yang sama dapat mengembangkan lagi layanan bimbingan sosial untuk
meminialisir kemampuan bersosialisasi.
KATA KUNCI :bimbingan sosial, kemampuan bersosialisasi