HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAMBON TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TEGAR WAHYU SETIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0032

Abstract

ABSTRAK Tegar Wahyu Setiyono : Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 PRAMBON Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : percaya diri, komunikasi interpersonal   Dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Prambon, Nganjuk yaitu ditemukan ada beberapa siswa, khususnya siswa kelas VIII yang mengalami permasalahan pada percaya diri dan komunikasi interpersonal sehingga hal tersebut mempengaruhi siswa pada saat proses komunikasi itu berlangsung. Percaya diri adalah sikap positif pada diri individu untuk mengembangkan dirinya dalam hal penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Percaya diri sangat penting dalam proses komunikasi, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Komunikasi interpersonal akan berlangsung secara lancar jika seseorang itu mempunyai percaya diri yang tinggi, sehingga proses komunikasi tersebut dapat terjadi tanpa hambatan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon sebanyak 288 anak dari kelas VIII-I sampai kelas VIII-IX. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, didapat sampel sebanyak 54 siswa. Untuk teknik analasis data dalam penelitian ini mengunakan teknik uji korelasi pearson product moment dengan dibantu dengan program SPSS versi 21. Adapun hasil analisis statistik yang dibantu oleh program SPSS versi 21 yaitu koefisien korelasi antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2017/2018, yaitu sebesar 0,656 dan  0,268 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis berbunyi “ Ho ditolak dan ha diterima” yang artinya hipotesis tersebut menyatakan bahwa ada hubungan yang signikan antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2017/2018. Diharapkan penelitian ini dapat  memberikan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan, khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling yaitu untuk mengklasifikasikan aspek-aspek diri manusia, sehingga hal tersebut bisa menjadi acuan untuk mengetahui tingkat percaya diri maupun komunikasi interpersonal siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI