Efektivitas penggunaan teknik biblioterapi kelompok untuk meningkatkan nilai karakter jujur pada siswa kelas VIII C MTs Sunan Ampel Siman Kepung tahun pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

ENDIK SEPTIAN WARDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0031

Abstract

ABSTRAK Endik Septian Wardana : Efektivitas Penggunaan Teknik BiblioterapiKelompok Untuk Meningkatakan Nilai Karakter Jujur Pada Siswa Kelas VIII C MTs Sunan Ampel Kepung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri, 2018 Kata Kunci : biblioterapi kelompok, nilai karakter jujur Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman bahwa nilai karakter jujur pada diri siswa banyak yang menurun,akibatnya permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya nilai karakter jujur semakin menjamur dikalangan siswa hal itu di buktikan dari seringnya siswa membolos dan mencontek saat ujian. Salah satu langkah yang dapat di terapkan untuk meningkatkan kembali nilai karakter jujur siswa adalah menggunakan teknik biblioterapi. Biblioterapi kelompok adalah pengembangan dari layanan dari bimbingan kelompok yang pada tahapan kegiatan intinya adalah biblioterapi,biblioterapi dapat membantu anak untuk mengidentifikasi dan mengekspresikan perasaan yang ada pada diri siswa melalui membaca buku secara mendalam. Nilai karakter jujur adalah merupakan keputusan untuk mengungkapkan bahwa realitas yang ada tidak dimanipulasi dengan cara berbohong untuk keuntungan dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik biblioterapi untuk meningkatkan nilai karakter jujur pada siswa kelas VIII C Mts Sunan Ampel Kepung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen dalam bentuk one-grup pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 siswa dari total populasi 31 siswa kelas VIII C MTs Sunan Ampel tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan dari hasil perhitungan di atas yang menyatakan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu -22,637>2,306 maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan biblioterapi kelompok efektif untuk meningkatkan nilai karakter jujur siswa kelas VIII C MTs sunan ampel siman kepung. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menjadikan biblioteraapi kelompok menjadi salah satu alternatif layanan jika guru Bimbingan dan konseling menemui kasus yang berkaitan dengan nilai karakter jujur. Dengan penelitan ini siswa diharapkan dapat mengetahui pentingnya nilai karakter jujur pada dirinya. Selain itu peneliti berharap dapat mengkaji permasalahan ini secara lebih luas lagi kedepanya.

Keyword

Nilai karakter jujur,biblioterapi kelompok

Reference


PUBLISHED

2018-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade