HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KEDIRI KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LULUT IPUNDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0024

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang baik, Siswa yang memiliki menejemen diri yang baik selalu dapat membagi waktu dan pekerjaan sebaik mungkin sehingga tidak ada pekerjaan yang terabaikan, tidak akan mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar, bahkan cenderung mempengaruhi lingkungan. Siswa seperti ini selalu disiplin misalnya selalu disiplin dalam pengaturan waktu, memiliki komitmen yang kuat dengan apa yang dilaksanakan. Oleh karena itu sangatlah penting kesadaran siswa akan self management bagi keberhasilan belajarnya. Penelitian ini melihat self management memeberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa atau tidak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMKN 2 Kediritahun pelajaran 2016/2017 yaitu sejumlah 686 siswa, dengan sampel sejumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket dan nilai rapot siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendal tau menunjukkan nilai signifikansi lebih dari 0,05 0,05 (0,838 > 0,05) . Yang berarti bahwa H0 diterima, tidak terdapat hubungan Self Management dengan hasil belajar siswa di SMKN 2 Kediri kelas X tahun pelajaran 2016/2017.Berdasarkan simpulan hasil penelitian, hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor intelegensi. Self management yang baik belum tentu mempengaruhi hasil belajar, karena hasil belajar yang baik itu tidak bisa dipastikan kalau self management dirinya baik bisa juga hasil belajar yang baik itu di karena intelegensi. Kata kunci : Self Management, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI