HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

KUNCORO YUSUF SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0023

Abstract

ABSTRAK Kuncoro Yusuf Saputro: Hubungan Antara Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa perilaku asertif siswa sangat penting terhadap penyesuaian sosial, karena mereka belum mengerti pentingnya bersikap secara tepat dalam menyesuaiakan diri pada lingkungan sekolah maupun dimasyarakat luas. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara perilku asertif dengan penyesuaian sosial siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Perilaku asertif adalah bentuk komunikasi secara langsung terhadap kebutuhan, keinginan dan pendapat seseorang tanpa menghukum, mengancamatau merendahkan orang lain, sedangkan penyesuaian sosial adalah suatu wadah penerapan untuk menjalin relasi siswa. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. yaitu sejumlah 371 siswa, dengan sampel sejumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket. Dengan perhitungan uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh r hitung sebesar 0,512 dengan nilai r tabel dalam taraf sigifikan ?=5%, dengan N = 60 sebesar 0,254, jadi r hitung lebih besar dari r tabel, yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian ada hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian sosial siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan penelitian ini direkomenasikan (1) Bagi Guru BK Diharapkan lebih memperhatikan sikap dan tingkah laku peserta didik saat berada disekolah, serta selalu memberikan bimbingan tentang perilaku asertif agar siswa mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam lingkungan sosal. (2) Bagi Siswa Diharapkan siswa lebih bisa memahami dirinya sendiri sehingga dapat menumbuhkan tingkat perilaku asrtif, serta siswa juga diharapkan mampu menerapkannya pada lingkungan sosial yang luas, bukan hanya pada lingkungan sekolah tetapi juga dalam lingkungan masyarakat. Kata kunci: Perilaku Asertif, Penyesuaian Sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI