HUBUNGAN SELF-MANAGEMENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/ 2018


Author (Penulis)

JAYANTI WAHYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0022

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurangnya tingkat self-management dan tingkat kedisiplinan yang dimiliki siswa sehingga masih banyak terdapat siswa yang kurang bisa disiplin ketika di sekolah seperti masih banyak siswa yang terlambat masuk ke sekolah, tidak menggunakan atribut sekolah yang sudah ditentukan. Adapun rumusan masalah ini dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara self-management dengan kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan self-management dengan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional dan dengan design exspost facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018 yaitu sejumlah 358 siswa, dengan sampel sejumlah 90 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster proporsional random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrument skala psikologis berupa penyataan-pernyataan. Analisis data menggunakan uji korelasi product momentmenunjukkan rhitung sebesar 0,439 rtabelsebesar 0,207 dengan taraf signifikansi 5%,sehingga rhitung> rtabel. Dengan demikian data ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan self-management dengan kedisiplinan siswa.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Bagi guru BK Guru diharapkan dapat memperhatikan self-management siswa sehingga siswa dapat mempunyai tingkat self-management yang tinggi dan dapat meningkatkan kedisiplinannya dengan baik, (2) Bagi orang tua diharapkan dapat memberikan masukan dan pengawasan untuk menumbuhkan self-management yang nantinya berguna untuk mencegah perilaku disiplin yang negatif pada siswa. Kata kunci : Self-management, Kedisiplinan siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI