HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANGGA IWAN FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa SMA Negeri 4 Kediri masih belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Akibatnya terjadi perilaku agresif dikalangan pelajar, seperti adanya tindakan bullying yang dilakukan oleh siswa kelas XI IIS 3. Emosi yang terjadi pada remaja tidak terlepas dari bermacam pengaruh, seperti lingkungan tempat tinggal, keluarga, sekolah dan teman-teman sebaya. Ketidakmampuan remaja untuk mengendalikan perasaan terhadap setiap problem akan melahirkan sikap yang emosional yang cenderung negatif. Emosional dalam hal ini sangat dibutuhkan, karena emosional menentukan apakah seseorang dapat atau tidak mengendalikan perilakunya, khususnya perilaku agresif. Rumusan masalah dalam penelitian ialah apakah ada hubungan antara pengendalian emosi dengan perilaku agresif pada siswa. Merujuk dari rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengendalian emosi dengan perilaku agresif siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain expost facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Alat pengumpulan data berupa skala pengendalian emosi dan perilaku agresif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung sebesar -0,611 sedangkan rtabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,388. Jadir hitung > rtabel, artinya ada hubungan negative antara pengendalian emosi dengan perilaku agresif siswa. Merujuk dari kesimpulan penelitian, maka saran penelitian ini bagi (1) siswa untuk belajar meningkatkan pengendalian emosi agar perilaku agresif dapat dihindari, (2) guru bimbingan konseling untuk lebih mengenalkan pentingnya mengendalikan emosional, pelatihan membuat solusi pemecahan masalah, dan praktik laboratorium BK dengan metode terapi, (3) peneliti selanjutnya agar lebih banyak menggali atau meneliti dan menambahkan faktor-faktor yang berkaitan dengan meningkatnya perilaku agresif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI