PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ARY KUSUMA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0019

Abstract

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018 ARY KUSUMA NINGRUM 13.1.01.01.0019 FKIP-Prodi BimbingandanKonseling Email: arykusumanr@gmail.com Drs. Setya Adi Sancaya, M.Pd. dan Rosalia Dewi Nawantara, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yaitu terdapat banyak siswa SMP Negeri 8 Kediri yang memiliki interaksi sosial rendah. Kesulitan dalam melakukan interaksi sosial akan berakibat pada ketidakmampuan siswa melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan khususnya kondisi dan latar belakang teman-temannya, selain itu agar tidak mengganggu prestasi belajarnya. Maka diperlukan cara untuk membantu siswa dalam meningkatkan interaksi sosial yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap interaksi sosial siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri yang berjumlah 382 siswa, dengan jumlah sampel 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen skala psikologis. Analisa data menggunakan uji paired sampletest dan dibantu dengan menggunakan SPSS 20 for Windows.Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung>ttabel (-8.878>2,032) dan diketahui taraf signifikan sebesar 0.000 yang berarti kurang dari 0.05 (0.000<0.05) yang berarti Ha diterima yaitu ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap interaksi sosial siswa.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui pemberian bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terbukti dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru BK di harapkan dapat memberikan layanan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa, (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi kelompok, interaksi sosial.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI