PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADYAH 1 KEDIRI


Author (Penulis)

DESFRIDO MUFTAKHUL ASHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurangnya kemampuan bersosialisasi siswa disebabkan oleh siswa yang kurang berbaur dengan teman, kurangnya komunikasi, selalu merasa dirinya benar. Dengan pemilihan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama maka diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi.Perumusan masalah dalam penelitian ini, apakah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 KediriTahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket, dengan pendekatan kuantitatif sedangkan tekniknya menggunakan pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu sejumlah 34 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan sampel total sampling karena mengambil data dari keseluruhan anggota populasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis t-tes. Berdasarkan hasil analisis uji Paired Samples t Test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung sebesar 14,233 > ttabel sebesar 1,692 maka H0 ditolak Ha diterima. .Berarti ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Berdasarkan kesimpulan bersosialisasi disarankan untuk (1) bagi guru Bk lebih bisa meningkatkan siswa dalam kemampuan bersosialisasi , (2) bagi siswa sebaiknya terbuka dengan lingkungan sosial, (3) bagi sekolah sebaiknya memfasilitasi ruangan layanan bk agar dalam memberikan layanan bisa maksimal (4) bagi peneliti supaya memberikan manfaat bagi generasi baru kedepannya. KATA KUNCI :bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, kemampuan bersosialisasi siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI