PENGARUH SELF CONCEPT AKADEMIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SEMEN TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DIAN AGISTIANA SAPUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0016

Abstract

Abstrak Dian Agistiana Saputri: Pengaruh Self Concept Akademik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMPN 1 Semen, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: self concept akademik, kemandirian belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh self concept akademik terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Semen. Penelitian dilakukan dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu banyaknya siswa yang kurang memiliki kemandirian dalam belajar di SMPN 1 Semen, diantaranya banyak siswa yang mengerjakan tugas rumah dikerjaan di sekolah. Selain itu, ketika ujian banyak siswa yang tidak mampu mengerjakan soalnya sendiri dan bertanya kepada teman di sampingnya ketika ujian sedang berlangsung. Dengan adanya masalah tersebut guru BK banyak berperan dalam mengatasi siswa yang kurang memliki kemandirian belajar yaitu diantaranya dengan memberikan bimbingan klasikal, kelompok, konseling individu bahkan juga dengan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Namun meskipun sudah banyak cara yang dilaksanakan oleh guru BK, tetap saja masih banyak siswa yang kurang memiliki kemandirian belajar yang tinggi karena disebabkan oleh self concept yang rendah terutama self concept akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 352 siswa. Sampel berjumlah 70 siswa diambil dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang dikaji yaitu self concept akademik dan kemandirian belajar siswa. Data diambil melalui angket self concept akademik dan kemandirian belajar siswa. Dari hasil analisis dengan menggunakan perhitungan analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 23.0, diperoleh hasil rtabel dengan N = 70 dan ?= 5%, adalah 0,235. Sedangkan rhitung diperoleh besaran 0,769, maka rhitung > rtabel (0,769>0,235), berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan, akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya “Ada pengaruh yang positif dan signifikan self concept akademik terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Semen”. Berdasarkan simpulan pada hasil penelitian disarankan terhadap Siswa diharapkan dapat belajar dengan kesadaran diri tanpa adanya paksaan orangtua maupun guru serta dalam belajar tidak tergantung kepada orang lain dan guru diharapkan dapat memperhatikan self concept akademik siswa dan berusaha meningkatkan sehingga siswa dapat mempunyai kemandirian belajar tinggi dan dapat menyelesaikan tugas belajarnya dengan sempurna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI