PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ SMK ISLAM 1 DURENAN TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MEGA MEIDHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0015

Abstract

Layanan bimbingan belajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw merupakan bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari kelompok ahli dan kelompok asal, bertujuan agar orang lain dapat menemukan pengetahuan baru yang belum dimiliki dan agar siswa dapat mencapai prestasi belajar secara optimal serta untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa yang kurang memiliki motivasi belajar akan mendapatkan layanan bimbingan belajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw, hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi maupun data yang akurat mengenai pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Islam 1 Durenan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre-experimmental design. Design yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi motivasi belajar dan RPLBK sebagai pedoman. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pretest, pemberian treatment layanan bimbingan belajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw, dan pemberian postest dengan menggunakan instrumen berupa skala psikologi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel berjumlah 38 siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Islam 1 Durenan. Proses analisis data menggunakan uji t paired sampel t-test. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukan nilai thitung > ttabel yakni -11,542 > 1,687 pada taraf signifikan 5%. Hal ini memiliki arti bahwa ada pengaruh layanan bimbingan belajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Islam 1 Durenan Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka terdapat saran untuk guru Bimbingan dan Konseling yaitu 1) supaya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling, 2) mempergunakan layanan bimbingan belajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw sebagai reverensi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK Islam 1 Durenan.

Keyword

LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN JIGSAW, MOTIVASI BELAJAR SISWA

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade