PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM BIMBINGAN KLASIKAL DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Author (Penulis)

VIKI PRADANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0013

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kelas X siswa lebih pasif dan cenderung diam baik pada saat guru memberikan siswa kesempatan untuk bertanya atau pada saat guru mengajukan pertanyaan. Model pembelajaran Snowball Throwing dipilih karena setiap siswa dapat mengajukan pertanyaan melalui sebuah kertas (aktif) dan sekaligus membuat siswa berfikir lebih kreatif untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Penggunaan model Snowball Throwing pada penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas. Rumusan penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan metode Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa dalam bimbingan klasikal di SMA Pawyatan Daha Kediri tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan teknik eksperimen yang diartikan sebagai metode penelitan yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang dikendalikan. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan secara langsung dengan populasi berjumlah 233 siswa dan sampel penelitian berjumlah 24 siswa dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan) pemilihan sekelompok subyek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat kaitannya dengan ciri-ciri atau sifat-sifat (peneliti menjumpai, mengetahui langsung dari PPL dan mendapat rekomendasi dari guru BK) populasi yang sudah diketahui sebelumnya dengan teknik analisis data menggunakan statistika paired sample t test.Berdasarkan dari hasil teknik uji t merupakan teknik statistik yang dipergunakan untuk menguji signifikansi perbedaan dua buah mean yang berasal dari dua buah distribusi. Diperoleh keaktifan belajar siswa dalam bimbingan klasikal sebelum menggunakan metode snowball throwing memiliki mean 66,1667(sedang), sedangkan keaktifan belajar siswa dalam bimbingan klasikal sesudah menggunakan metode snowball throwing memiliki mean 72,5417(sedang) dan hasil (thitung > 0,05%) (thitung = 3,730 > ttabel = 2,8073). Dengan kata lain, terdapat pengaruh metode snowball throwing terhadap keaktifan belajar siswa dalam bimbingan klasikal  kelas X IPS3 di SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan simpulan di atas, direkomendasikan (1) bagi kepada sekolah khususnya guru BK, agar dapat memperhatikan dan membantu siswa dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam bimbingan klasikal dengan cara metode snowball throwing, (2) penelitian Selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel-variabel lain yang harus diperhatikan dalam penelitian ini.


Keyword

bimbingan kelompok, metode snowball throwing, keaktifan belajar

Reference

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Teori & Aplikasi PAIKEM, Surabaya: Pustaka Pelaja. Aksara. Sumadi Surabaya

Burhan, B. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group

Gyber & Henderson. 1998. Developing and Managing Your School Giudance and Counseling Program, USA: ACA

Trianti, 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung.  Alfabeta

Trianto. 2013.  Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep,Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, cet ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudjana. 2010. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru 

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Santosa, S. 2015. Menguasai Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Vinasti. 2014. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).


PUBLISHED

2020-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade