PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PENGUATAN POSITIF (POSITIVE REINFORCEMENT) TERHADAP PENGENDALIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
SOCHIBATUL NUR HAMIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0011
Abstract
ABSTRAK
Sochibatul Nur Hamidah: Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Penguatan Positif (Positive Reinforcement) terhadap Pengendalian Diri Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 4, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik penguatan positif (positive reinforcement) terhadap pengendalian diri peserta didik kelas X SMK PGRI 4. Hal ini dilatarbelakangi adanya pernyataan yang diutarakan oleh rekan mahasiswa PPL bahwa tingkah laku yang ditampakkan oleh siswa-siswi di sekolah tersebut dinilai kurang mengindahkan keberadaan orang yang lebih tua disekitarnya, hal ini terkait dengan pengendalian diri siswa salah satu buktinya banyak siswa yang menggunakan bahasa yang kurang sopan dan menggunakan kata-kata yang kurang mengindahkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMK PGRI 4. Sampel penelitian adalah satu kelas rombongan belajar yang dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing berjumlah 15 orang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel yang dikaji adalah pengendalian diri. Variabel diukur menggunakan angket/kuesioner pengendalian diri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan memberikan 3 kali intervensi pada kelompok eksperimen, didapatkan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa siswa yang mendapat skor tinggi dalam kelompok ekperimen (3 siswa) lebih tinggi dibandingkan dengan skor tinggi dalam kelompok kontrol (1 siswa) dan dengan hasil analisis data yang menggunakan perhitungan statistik didapatkan hasil t_hitung = 3,057 dan t_tabel =2,05 pada taraf signifikansi (?) sebesar 5% (0,05) yang berarti bahwa t_hitung > t_tabel (3,057 > 2,048). Hal ini membuktikan bahwa ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Penguatan Positif (Positive Reinforcement) terhadap Pengendalian Diri pada siswa kelas X-TITPL di SMK PGRI 4 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Oleh karena itu dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini, Guru BK yang ada di sekolah dapat memberikan layanan bimbingan kelompok teknik penguatan positif sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pengendalian diri atau dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan tugas perkembangan diri lainnya.