Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Terhadap Konflik Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

AHMAD SUPRIADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0010

Abstract

ABSTRAK Ahmad Supriadi: Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama terhadap Konflik Siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kediri tahun pelajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan & Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi pengalaman PPL di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, bahwa yang seringkali terjadi di sekolah adalah konflik antar siswa diantaranya saling menghina maupun mengejek dan diam-diaman tidak saling bertegur sapa antara satu siswa dengan yang lain. Konflik adalah pertentangan antara satu pihak dengan pihak lain dalam hal beradu kekuatan, argumentasi maupun persaingan. Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk mengatasi konflik yaitu teknik sosiodrama karena teknik sosiodrama merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial seperti konflik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap konflik siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pra eksperimental (memberi perlakuan) yaitu dengan jenis desain one group pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kediri dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang berjumlah 5 siswa yang didapat dari hasil pretest observasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi konflik siswa. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,042 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap konflik siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kediri tahun pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap konflik siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 kediri. Artinya jika diberikan sosiodrama maka konflik siswa akan berkurang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran bagi guru BK agar lebih memperhatikan perkembangan peserta didik tentunya aspek sosial dan apabila menghadapi siswa yang berkonflik bisa menggunakan teknik sosiodrama. Bagi siswa untuk meminimalkan terjadinya konflik, diharapkan bisa lebih mengenal diri dan temannya. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya bisa menambah referensi untuk mendukung teori yang sudah ada dan bisa menyempurnakan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Kata kunci: teknik sosiodrama, konflik siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI