PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN TRUTH OR DARE (JUJUR ATAU TANTANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJO KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

INDAH CHOIRUN NISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0006

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya banyak siswa memiliki permasalahan mengenai hubungan interpersonal di sekolah pada umumnya dan dikelas pada khususnya. Siswa sulit mengawali dan mengakhiri pembicaraan bahkan mengalami kesulitan dalam merespon pembicaraan dengan lawan bicara. Selain itu sulit untuk menyelesaikan konflik dengan orang lain, serta masih banyak siswa yang sulit merangkai kata atau mengkomunikasikan pikiran ketika mengungkapkan pendapat dalam situasi diskusi dalam kelas. Fenomena ini sangat mengkhawatirkan, karena dapat berpengaruh terhadap prestasi, hubungan sosial siswa, serta perkembangan dirinya. Fenomena ini sangat mengkhawatirkan, karena dapat berpengaruh terhadap prestasi, hubungan sosial siswa, serta perkembangan dirinya. Permasalahan penelitian ini adalah, Adakah Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Permainan Truth Or Dare (Jujur atau Tantangan) Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen yaitu pre eksperimental dengan jenis desain one group pretest dan posttest design. Pengambilan sampel mengunakan teknik sampling bertingkat yaitu cluster purposive non-random sampling, diperoleh kelas VIII E dan terambil sampel 10 siswa yang memiliki kemampuan komunikasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan permainan truth or dare (jujur atau tantangan) ada penurunan 80%, awalnya 100% menjadi 20% yang berada pada kategori rendah dan untuk kategori tinggi meningkat yang sebelumnya 0% menjadi 80%. Dari hasil analisis data yang diperoleh t hitung = -7,909, sedangkan harga t tabel = -1,833 dengan derajat kebebasan (db) = N-1 = 10-1 = 9, pada taraf signifikan 5%. Maka hasilnya –t hitung > -t tabel (-7,909 > -1,833) maka Ha diterima, artinya ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan permaianan truth or dare (jujur atau tantangan) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru bimbingan konseling memberikan pelayanan lebih inovatif, hal ini penting untuk dimaknai bahwa keberhasilan pelayanan yang dilakukan guru ditentukan oleh sesuainya kompetensi perkembangan peserta didik dalam pencapaianya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI