PENGARUH PENGGUNAAN CYNEMA THERAPY TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMPN 1 PRAMBON TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

UMI BINDARIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0004

Abstract

Abstrak Umi Bindariati: Pengaruh Penggunaan Cinema Therapy Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di SMPN 1 Prambon Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Cinema Therapy, Perilaku Asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan cinema therapy terhadap perilaku asertif siswa di SMPN 1 Prambon tahun ajaran 2017/2018. Permasalahan yang terjadi pada siswa di SMPN 1 Prambon adalah masih rendahnya perilaku asertif siswa yang ditunjukkan dengan kurang mampu menyatakan keinginan dalam berkomunikasi secara langsung dan jujur, menghargai usaha orang lain, pada saat berbeda pendapat belum mampu mengungkapkan pendapatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa. Sampel berjumlah 13 siswa diambil dengan teknik cluster purposive non random sampling. Analisis data menggunakan uji paired sampel t-test dengan bantuan SPSS. Dari hasil analisis data dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 23.0, rata-rata skor angket perilaku asertif siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 115,08 (kategori rendah) dan sesudah diberikan perlakuan 131,54 (kategori sedang) artinya rata-rata sebelum perlakuan lebih rendah daripada rata-rata sesudah diberikan perlakuan. Pada tabel paired samples t-test menunjukkan bahwa Nilai t = -10,421, df (13 – 1) = 12 taraf signifikansi 5% dan diperoleh ttabel sebesar -1,782 ternyata thitung > ttabel yaitu -10,421 > -1,782. Karena thitung > ttabel (-10,421 > -1,782) maka Ha diterima dan Ho di tolak artinya ada pengaruh penggunaan cinema therapy terhadap perilaku asertif siswa di SMPN 1 Prambon Tahun ajaran 2017/2018. Simpulan dari hasil penelitian adalah sebelum diberikan perlakuan skor angket perilaku asertif siswa lebih rendah daripada setelah diberikan perlakuan dan setelah diberikan cinema therapy terdapat peningkatan. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya cinema therapy dapat meningkatkan perilaku asertif siswa di SMPN 1 Prambon Tahun ajaran 2017/2018. Oleh karena itu disarankan kepada siswa di SMPN 1 Prambon untuk meningkatkan perilaku asertif karena rendahnya perilaku asertif dapat menimbulkan dampak negatif misalnya jika siswa berperilaku asertif siswa tidak kehilangan hak-hak pribadi. Dan saran untuk guru Bk yaitu penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi guru BK untuk mengembangkan perilaku asertif siswa dengan menggunakan cinema therapy. Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya peneliti lebih mempersiapkan literatur mengenai cinema therapy dan perilaku asertif untuk menunjang penelitian agar hasilnya jauh lebih baik.

Keyword

Cynema Therapy, Perilaku Asertif

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade