Sistem Layanan Laundry Melalui Notifikasi SMS


Author (Penulis)

KURNIAWAN EFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0448

Abstract

Abstrak Kurniawan Efendi : Sistem Layanan Laundry melalui Notifikasi SMS, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : laundry, SMS(Short Message Service), layanan, notifikasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa layanan laundry yang terdapat di Khayla Laundry masih menggunakan cara manual. Akibatnya sering terjadi kesalahan dalam rincian cucian seperti penerimaan cucian yang dicatat dalam buku, sehingga untuk melakukan pencarian data mengalami kesulitan dan membutuhkan proses yang lama. Pemberitahuan konsumen jika cucian selesai juga belum secara otomatis. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana membuat sistem pelayanan jasa laundry menggunakan notifikasi SMS dan mencatat setiap penerimaan dan pembayaran barang pada Khayla Laundry? Penelitian ini menggunakan metode BPMN. Dimana pada BPMN proses bisnis digambarkan sesuai dengan keadaan bisnis di Khayla Laundry. Penelitian dilaksanakan dalam enam siklus yaitu : identifikasi masalah, studi literature, Pengumpulan data, perancangan sistem, Implementasi Sistem, Pengujian dan Evaluasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Melalui sistem layanan Laundry ini, penggunaan Notifikasi SMS dapat meningkatkan efektifitas waktu pelanggan dan kinerja admin dalam memberikan informasi rincian cucian kepada pelanggan. (2) Melalui Dengan dibangunnya sistem layanan laundry ini diharapkan dapat mempercepat dalam membuat laporan pendapatan Laundry. (3) Melalui sistem layanan laundry ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat, handal dan efektif kepada pelanggan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Karena kondisi signal modem yang tidak stabil, maka perlu penambahan perangkat signal receiver guna memperkuat signal, sehingga memperlancar proses pengiriman sms. (2) Sistem ini hanya berfokus pada informasi rincian total pembayaran sehingga untuk pengembang lebih lanjut dapat ditambahkan informasi seputar laundry untuk mengetahui update informasi kapanpun dan dimanapun para pelanggan berada asal terkoneksi dengan internet dan menggunakan ponsel. (3) Sistem ini dapat dikembangkan dapat dikembangkan menu lainnya, seperti pembayaran gaji karyawan, stok barang dan lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI