OPTIMASI PENGELOLAAN STOK JAGUNG DI PT. MATAHARI CORN MILL MENGGUNAKAN METODE ECONOMI ORDER QUANTITY (EOQ)


Author (Penulis)

Daniel Satya W
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0400

Abstract

Daniel Satya W.: Optimasi Pengelolaan  Stok Jagung Di PT. MATAHARI CORN MILL Menggunakan Metode Economic Quantity Order (EOQ), Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi untuk mengelola stok jagung dengan meminimalisasi biaya. Untuk dapat membuat sistem pendukung keputusan untuk mengelola stok jagung, sistem yang akan dibuat akan memberikan solusi untuk mengelola stok jagung. Penentuan stock minimum persediaan berdasarkan quantity pesanan saat ini masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam mengorder barang. Inilah yang menyebabkan penumpukan barang yang bahkan bisa sampai lama.

Pembuatan sistem ini menggunakan metode economic order quantity pengelolaan dengan permasalahan yang dimulai dengan informasi awal dan ingin dicapai penyelesaian akhir, karena seluruh proses akan dikerjakan secara berurutan maju.

 Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan rancangan sistem pendukung keputusan untuk mengelola stok jagung menggunakan metode economic order quantity (2) Mengasilkan aplikasi sistem pendukung keputusan pengelolaan stok pada jagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah untuk mempermudah para perusahaan di bidang jagung untuk mengetahui stok jagung yang dikelola, agar dapat mengurangi biaya pengeluaran.

Kata kunci : Pengelolaan, Stok, Jagung, EOQ


Keyword

PENGELOLAAN STOK JAGUNG

Reference

Andi. 2003. Paduan Praktis Pemrograman Borland Delphi 7.0. Edisi 1; Penerbit Wahana, Yogyakarta.

 Hendra, S. 2009. Akuntansi Manajemen dan Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Indrakarna, Yudisuda, P.A. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi dan Pelacakan dan Pemantauan Paket Kiriman Berbasis Web dengan Bantuan           Mobile Android. Undergraduated thesis. STIKOM Surabaya

Wawan, 2007. ERP(Enterprice Resource Planning) Menyelaraskan Teknologi        Informasi Dengan Strategi Bisnis. Bandung: Informatika Bandung.

Fathansyah. 1995. Simbol Entity Relationship Diagram, dan pengertian Basis Data

 


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade