Pengklasifikasian Tingkat Kecerdasan Siswa di UPTD SMPN 2 Wilangan Menggunakan metode Naive Bayes
Author (Penulis)
PERMADHIE PRINGGO HARSOJO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0302
Abstract
ABSTRAK
Optimasi diperlukan dalam pembagian kelas regular siswa baru masih dilakukan secara konvensional, yakni metode acak maupun metode pengurutan dan belum melibatkan kemajuan dalam bidang teknologi. Sehingga dalam tiap kelas tidak seimbang antara tingkat kecerdasa masing-masing siswa. Masalah pembagian kelas regular merupakan masalah pengelompokan (clustering), seharusnya digunakan metode tersebut untuk menyelesaikannya. Maka digunakan metode Naïve Bayes untuk mrngrlompokkan siswa sesuai dengan tingkat kecerdasannya, selanjutnya digunakan sebagai acuan untuk pembagian kelas siswa baru.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana menerapkan metode naïve bayes untuk mengklasifikasi tingkat kecerdasan siswa baru untuk digunakan sebai acuan untuk pembagian kelas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode naïve bayes dapat mengklasifikasi tingkat kecerdasan siswa yaitu pintar, sedang , dan kurang. Selanjutnya setelah diketahui jumlah siswa pandai, sedang, dan kurang, dilakukan pembagian kelas dengan membagi rata komposisi dalam satu kelas. Dengan metode seperti itu maka komposisi tiap kelas akan seimbang.
Kata kunci : Pengklasifikasian Tingkat Kecerdasan Siswa, Pembagian Kelas, Naïve Bayes, PHP, MySQL.