UP-SELLING SISTEM PEMESANAN KARTU UNDANGAN DENGAN PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Author (Penulis)
TRI AFRIANTO DJOHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0279
Abstract
ABSTRAK
Tri Afrianto Djohan:Up-Selling Sistem Pemesanan Kartu Undangan Dengan Penerapan Customer Relationship Management Studikasus Cv Ravenala Studio. Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana Ravenala Studio mengalami kendala menurunnya jumlah pendapatan
karena kurangnya pemesanan, kadang kala adanya protes dari pelanggan disebabkan hasil yang kurang maksimal, serta untuk
melakukan pemesanan harus datang ke studio.Ravenala Studio adalah studio foto terlengkap di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Ravenala
Studio berpacu pada bidang jasa baik itu kartu undangan,prewedding,desaign foto,vidiografi,pembuatan pin/gantungan kunci
dan lain sebagainya.
Permasalahan Penelitian ini adalah bagaimana merancang sistem serta pembuatan aplikasi yang berguna untuk kemudahan transaksi pemesanan kartu undangan.
Penerapan UP-Selingsebagai pendongkrak pemesanan kartu dan memperkenalkan
program aplikasi ke masyarakat serta bagaimana cara perusahaan dalam melakukan pendekatanCustomer Relationship Management(CRM) sebuah
pendekatan yang mengintegrasikan setiap bisnis proses yang
berhubungan langsung dengan pelanggan, yaitu kegiatan transaksi,loyalitas pelanggan dan secara komputerisasi mencangkup pendataanbarang, jumlah
pelanggan, loyalitas hubungan dengan pelanggan dan transaksi
pemesanan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mengetahui kartu undangan yang laris dipasaran serta apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan
sehingga dapat terjalin hubungan dan loyalitas yang baik dengan pelanggan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya program aplikasi Customer Relationship Management dapat membantu studio menjadi lebih efektif. Dimana pelanggan tidak harus datang ke studio tapi dapat melakukan pemesan melalui online, dapat mengetahui model
kartu apa yang laris dipasaran, terbentuknya loyalitas pelanggan.
Kata kunci : Customer Relationship Management, pemesanan, loyalitas pelanggan