UP-SELLING SISTEM PEMESANAN KARTU UNDANGAN DENGAN PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT


Author (Penulis)

TRI AFRIANTO DJOHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0279

Abstract

ABSTRAK Tri Afrianto Djohan:Up-Selling Sistem Pemesanan Kartu Undangan Dengan Penerapan Customer Relationship Management Studikasus Cv Ravenala Studio. Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana Ravenala Studio mengalami kendala menurunnya jumlah pendapatan karena kurangnya pemesanan, kadang kala adanya protes dari pelanggan disebabkan hasil yang kurang maksimal, serta untuk melakukan pemesanan harus datang ke studio.Ravenala Studio adalah studio foto terlengkap di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Ravenala Studio berpacu pada bidang jasa baik itu kartu undangan,prewedding,desaign foto,vidiografi,pembuatan pin/gantungan kunci dan lain sebagainya. Permasalahan Penelitian ini adalah bagaimana merancang sistem serta pembuatan aplikasi yang berguna untuk kemudahan transaksi pemesanan kartu undangan. Penerapan UP-Selingsebagai pendongkrak pemesanan kartu dan memperkenalkan program aplikasi ke masyarakat serta bagaimana cara perusahaan dalam melakukan pendekatanCustomer Relationship Management(CRM) sebuah pendekatan yang mengintegrasikan setiap bisnis proses yang berhubungan langsung dengan pelanggan, yaitu kegiatan transaksi,loyalitas pelanggan dan secara komputerisasi mencangkup pendataanbarang, jumlah pelanggan, loyalitas hubungan dengan pelanggan dan transaksi pemesanan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mengetahui kartu undangan yang laris dipasaran serta apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat terjalin hubungan dan loyalitas yang baik dengan pelanggan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya program aplikasi Customer Relationship Management dapat membantu studio menjadi lebih efektif. Dimana pelanggan tidak harus datang ke studio tapi dapat melakukan pemesan melalui online, dapat mengetahui model kartu apa yang laris dipasaran, terbentuknya loyalitas pelanggan. Kata kunci : Customer Relationship Management, pemesanan, loyalitas pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI