OPERASIONAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI TOKO MADU JAYA KEDIRI
Author (Penulis)
WAHYU BAGUS YULIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0251
Abstract
ABSTRAK
Wahyu Bagus Yulianto : Operasional Customer Relationship Management Di Toko Madu Jaya KEDIRI, Skripsi, Sistem Informasi, FT UNP Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa strategi bisnis yang terdapat pada toko Madu Jaya Kediri belum berjalan dengan baik. Akibatnya penjualan tidak dapat tersalurkan secara maksimal. Selain itu, konsumen cenderung pasif dan bahkan memutuskan beralih ke toko Madu yang lain.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana CRM toko Madu Jaya dapat melayani pelanggan dengan baik dalam bidang pemasaran dan penjualan?
(2) Bagaimana operasional dalam CRM di toko Madu Jaya Kediri?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan strategi bisnis CRM (Customer Relationship Management), diamana strategi ini dapat mendatangkan banyak keuntungan terutama untuk peningkatan penjualan dan pelanggan. Hasil implementasi dari penelitian ini berupa sistem berbasis web dan yang langsung bisa diakses admin kepada konsumen toko Madu Jaya.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dengan toko madu online ini sangat memungkinkan bisa membantu pemilik toko Madu Jaya mempermudah memasarkan madunya. (2) Memudahkan bagi konsumen untuk mendapatkan madu yang di inginkan dengan cepat, praktis, menghemat banyak waktu.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Dari penelitian ini diharapkan nantinya toko online yang akan dibuat oleh peneliti dapat membantu dan berguna bagi toko Madu Jaya serta customer yang ingin mengetahui informasi madu terbaru dan terlaris. (2) Penulis berharap agar toko online yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan harapan penulis. Penulis berharap masukan dan kritikan maupun saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan skripsi ini.
Kata Kunci :Operasional, Customer Relationship Management, Web, Madu