SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
DIMAS MUSTIKA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0191
Abstract
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN
DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG
Dimas Mustika Putri
Teknik – Sistem Informasi
Dimasputri461@gmail.com
Hermin Istiasih, ST., MM., MT dan Arie Nugroho, S.Kom., MM
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
DIMAS MUSTIKA PUTRI: Sistem Informasi Pengelolaan Perpustakaan Di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat melakukan proses evaluasi kinerja dari perpustakaan SMAN 1 Campurdarat yang masih menggunakan pendataan secara konvensional yang dilakukan oleh petugas perpustakaan, dimana seorang siswa yang meminjam buku akan dicatat oleh petugas perpustakaan. Akibat proses pendataan buku yang kurang efektif, menyebabkan terjadinya kesalahan saat memasukkan data dan seringnya terjadi kecurangan saat proses pemasukkan data pengembalian yang sudah jatuh tempo.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara mengatasi saat sering terjadinya kesalahan dalam proses pemasukan data transaksi pengelolaan buku pada perpustakaan SMAN 1 campurdarat ? (2) Bagaimana cara mengatasi jika terjadi banyaknya data pembukuan di perpustakaan yang menyebabkan petugas kesulitan dalam mencari informasi tentang buku-buku di di perpustakaan?
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dalam proses pengelolaan sistem perpustakaan. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari nara sumber yang dilakukan melalui wawancara atau interview. Data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu melalui studi pustaka dan observasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui pengembangan aplikasi sistem informasi pengelolaan perpustakaan, cara mengatasi kesalahan dalam proses pemasukan transaksi pengelolaan buku-buku perpustakaan dapat terkelola dengan baik. Karena aplikasi pengelolaan perpustakaan ini dapat melakukan proses penghitungan denda yang dilakukan oleh peminjam saat peminjam melakukan keterlambatan dalam pengembalian buku. (2) Karena terdapat banyaknya buku dalam perpustakaan yang membuat petugas kesulitan dalam pencarian buku dapat diatasi dengan mengelompokkan jenis buku berdasarkan kategorinya sehingga peminjam dan petugas dapat mudah mengetahui jenis buku yang diinginkan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Sistem ini dapat dikembangkan lebih luas lagi sesuai dengan kebutuhan. (2) Sistem ini dapat dikembangkan dengan penambahan fitur-fitur yang belum tersedia sesuai dengan kebutuhan pengguna. (3) Penambahan dari sisi keamanan untuk melindungi data dari pihak yang tidak berwenang juga bisa dilakukan di masa mendatang.
KATA KUNCI : Sistem Informasi, Pengelolaan Perpustakaan, Metode Pengumpulan Data .