Rancang Bangun Sistem Informasi Servis Motor Pada Bengkel Pandan Sari Trenggalek
Author (Penulis)
ARISTON
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0186
Abstract
ARISTON: Rancang Bangun Sistem Informasi Servis Motor Pada Bengkel Pandan Sari Motor
Trenggalek, Skripsi, Fakultas Teknik, Sistem Informasi, UN PGRIKediri, 2016.
Seiring bertambahnya tingkat kebutuhan manusia, memacu perkembangan teknologi ke
tingkat maksimal. Teknologi tersebut dimanfaatkan di berbagai sektor maupun bidang -bidang tertentu.
Perkembangan ini mengubah pola hidup manusia untuk lebih produktif, efisien dan efektif dalam
melakukan pekerjaan sehari-hari. Salah satu pengaruhnya yang berdampak signifikan ialah di bidang
bisnis serta subbagian-subbagian dari bisnis tersebut. Penerapan teknologi informasi dalam bidang
bisnis merupakan salah satu contoh untuk memenuhi akan kebutuhan informasi yang demikian besar
terlebih lagi teknologi ini juga mempunyai nilai akurasi data yang tinggi dalam menunjang keputusan
bisnis sehingga pekerjaan akan jauh lebih efektif dan efisien.
Bengkel Pandan Sari Motor merupakan bentuk usaha yang bergerak di bidang jasa dan
penjualan. Bengkel ini termasuk golongan bengkel kelas menengah karena sparepart yang disediakan
terhitung cukup lumayan dan lokasi size gedung lokasi usaha yang cukup besar. Adapun dalam
menjalankan proses bisnisnya semua pencatatan dilakukan secara manual dan pelayanannya juga
dilakukan secara konvensional. Pada proses bisnis yang demikian membuat kinerja usaha berjalan
lamban, mengingat pada masa sekarang proses pencatatan dengan menggunakan media digital lebih
efektif dan efisien. Terlebih lagi pada bengkel ini memiliki pelanggan yang lumayan tidak sedikit,
sehingga proses bisnis yang berjalan dianggap kurang mampu menjawab tantangan tersebut.
Oleh karena itu berdasarkan permasalahan yang ada, maka mengangkat masalah tersebut ke
dalam skripsi dengan judul “Rancang Bangun Sistem Informasi Servis Motor Pada Bengkel Pandan
Sari Trenggalek”.