SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA KEDAI PRAMUKA SCOUT ADDICT


Author (Penulis)

AKHMAD ZOGGA ZAKARIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0129

Abstract

Abstrak AKHMAD ZOGGA ZAKARIA : SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA KEDAI PRAMUKA SCOUT ADDICT, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi Seiring dengan perkembangan model bisnis dan teknologi, Kedai Pramuka Scout Addict dituntut untuk meningkatkan kepuasan pelayanan dan menjalin hubungan yang kuat dengan pihak pelanggan secara jangka panjang. Oleh sebab itu, Kedai Pramuka Scout Addict perlu menetapkan strategi yang berfokus pada kepuasan dan kebutuhan pelanggan sehingga dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan meningkatkan keuntungan bagi Kedai Pramuka Scout Addict. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah CRM. Strategi CRM (Customer Relationship Management) bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam memesan barang sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas komunikasi untuk membina hubungan yang baik berdasarkan saling mengerti dan percaya. Situs web merupakan salah satu sarana dalam mengaplikasikan Customer Relationship Management yang akan memberikan beberapa nilai tambah bagi perusahaan yaitu sebagai sarana penyebaran informasi kepada pelanggan. Sistem Informasi Penjualan berbasis CRM ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, template bootsrap,Javascript serta database MySQL. Hasil pengujian setelah implementasi CRM berbasis web membantu Kedai Pramuka Scout Addict untuk memberikan informasi tentang produk Kedai Pramuka Scout Addict, memberikan bukti testimonial terpercaya untuk pelanggan, juga memberikan kemudahan dalam memesan barang sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan, meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan dengan kemudahan memberikan perhatian kepada pelanggan serta pengiriman informasi yang dibutuhkan. Selain itu, CRM juga membantu Kedai Pramuka Scout Addict dalam kelancaran pemasaran dan promosi. Kata Kunci: Sistem Informasi, Penjualan, CRM, Web.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI