customer relationship management use cross selling
Author (Penulis)
MOH. KHOIRUR ROZIKIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0101
Abstract
Moh. Khoirur Rozikin : Customer Relationship Management Use Cross-Selling Studi kasus kelud outdoor. Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana Kelud outdoor mengalami kendala menurunnya jumlah pendapatan karena kurangnya pemesanan, karena untuk melakukan pemesanan harus datang ke toko . Kelud outdoor adalah toko pendakian terlengkap di kota Kediri, Kelud outdoor berpacu pada bidang penjualan, penyewaan dan penyedia layanan outbond.
Permasalahan Penelitian ini adalah bagaimana merancang sistem serta pembuatan aplikasi yang berguna untuk kemudahan transaksi pemesanan perlengkapan kemah. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebuah pendekatan yang mengintegrasikan setiap bisnis proses yang berhubungan langsung dengan pelanggan, yaitu kegiatan transaksi, loyalitas pelanggan dan secara komputerisasi mencakup pendataan barang, jumlah pelanggan, loyalitas hubungan dengan pelanggan dan transaksi pemesanan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mengetahui perlengkapan yang laris dipasaran serta apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat terjalin hubungan dan loyalitas yang baik dengan pelanggan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya sistem Customer Relationship Management dapat membantu toko menjadi lebih efektif. Dimana pelanggan tidak harus datang ke toko tapi dapat melakukan pemesan melalui online, dapat mengetahui model barang apa yang laris dipasaran, terbentuknya loyalitas pelanggan.
KATA KUNCI : Customer Relationship Management, pemesanan, loyalitas pelanggan.