SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN PRODUK DENGAN METODE WATERFALL (STUDY KASUS : KONVEKSI PERMANA)


Author (Penulis)

DEWI RATNA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0060

Abstract

Dewi Ratna Sari : Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Produk Dengan Metode Waterfall (Study Kasus : Konveksi Permana), Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat melakukan proses pemesanan produk di Konveksi Permana, yang masih menggunakan pencatatan data secara konvensional. Akibatnya proses pengolahan data mencari kurang efektif yang menyebabkan aktivitas usaha menjadi kurang optimal. Hal tersebut sangat nampak saat proses pelaporan pesanan yang sering kali terjadi kesalahan pada proses pengolahan datanya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara mengatasi saat sering terjadinya ketidakakuratan data dalam proses pendataan transaksi pemesanan produk pada Konveksi Permana? (2) Bagaimana mengatasi ketidakadaannya kontrol manajemen terhadap produk dan pesanan dari Konveksi Permana?. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam proses perancangan sistemnya. Dalam metode waterfall terdapat beberapa tahapan mulai dari tahap analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui pembangunan sebuah sistem informasi manajemen produk, masalah mengenai ketidak akuratan data pada proses pendataan transaksi pemesanan produk dapat teratasi karena pada aplikasi sistem sudah dibangunnya sebuah sistem informasi manajemen yang terintegrasi dengan baik dan mengelola semua aktivitas pemesanan pada Konveksi Permana. (2) Dalam mengatasi ketidak adanya kontrol manajemen maka dibuatlah sebuah menu yang dapat mengelola proses transaksi. Adanya menu tambahan tentang perhitungan transaksi kredit dan transaksi pelunasan secara otomatis tentunya dapat meminimalisir kesalahan proses perhitungan transaksi. Selain itu adanya menu login yang membuat kontrol akses menjadi lebih terjaga karena tidak semua orang dapat masuk ke sistem pemesanan produk. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok pembangunan sistem informasi manajemen produk adalah untuk mengatasi ketidakakuratan data pada proses pendataan transaksi. Oleh sebab itu pemilik selaku pelaku usaha harus mengutamakan perkembangan sistem yang dapat mendukung terciptanya sebuah data yang akurat yang tentunya dapat mempermuda proses pelaporan transaksi pemesanan produk. (2) Pemilik masih perlu memperhatikan penerapan sistem pemesanan, untuk membuktikan apakah dengan adanya sistem informasi manajamen pemesanan produk ini sudah mampu menjadi mengatasi ketidakadaannya kontrol manajamen seperti pada sistem yang diterapkan terdahulu. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Pemesanan Produk, Metode Waterfall

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI