SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGGUNAKAN FUZZY TSUKAMOTO


Author (Penulis)

RIA ANJANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0052

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan ekstrakurikuler pada masa sekolah sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan siswa, dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler, diharapkan setiap siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di luar bidang akademik. Permasalahan penelitian ini adalah pada saat ini proses pemilihan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan memberikan angket kepada siswa kelas X, maka pemilihan akan terjadi secara spontan tanpa mempertimbangkan kriteria tertentu. Semakin banyak kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan, membuat siswa menjadi bingung, seringkali siswa hanya ikut-ikutan teman saja dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang akan diikuti. Penerapan metode Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler diharapkan dapat membantu memberikan rekomendasi kegiatan ekstrakurikuler sehingga mengatasi permasalahan pemilihan kegiatan ekstrakurikuler serta dapat mempermudah siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI