SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

M. RENGGA PUTRA PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0048

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa penggunaan sistem manual masih kurang efektif untuk digunakan, karena sistem informasi perpustakaan sekolah yang masih manual perlu dikembangkan ke arah yang lebih baik yaitu digunakannya sistem informasi berbasis aplikasi untuk membantu kinerja dari pihak perpustakaan sekolah khususnya. Maka dari itu penulis melakukan penelitian guna membangun sistem informasi perpustakaan sekolah yang berbasis aplikasi.

            Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membuat sistem informasi perpustakaan sekolah secara digital?.

            Dalam pengembangan sistem informasi perpustakaan yang ada pada Sekolah Dasar digunakan metode SDLC (Systems Developments Life Cycle). SDLC adalah tahap pekerjaan yang dilakukan oleh analis sitem dalam membangun sistem informasi.

            Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dirancang dan dibuat sistem informasi perpustakaan sebagai solusi dalam peminjaman buku yang lebih efisien dan secara digital.

            Rekomendasi Pengembangan lebih lanjut terhadap sistem adalah dengan memperhatikan aspek-aspek Interaksi Manusia dan Komputer dengan membangunsistem yang lebih user-friendly dengan design interface yang lebih menarik. Penambahan fitur on line pada sistem, sehingga sistem lebih baik dan sempurna sesuai dengan yang diharapkan.

 

KATA KUNCI  : Sistem Informasi Perpustakaan, SDLC, Database MSQL Server


Keyword

Sistem Informasi Perpustakaan, SDLC, Database MSQL Server.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Alfarisi, salman. 2014. Perancangan Sistem Aplikasi Perpustakaan Pada Sdn Tegal Parang 03 Pagi. (Online). Tersedia: www.google.co.id , Diunduh 23 maret 2017.

Azwar, Dedi. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah Kroya. (Online), tersedia: www.google.co.id , Diunduh 23 Maret 2017.

Budiman, Tedi. 2008. Diktat Kuliah Pemrograman Delphi. Garut: Lingkungan AMIK Garut.

Candra, A. Dan Lukman. H.P. 2014. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Microsoft Access Pada Sekolah Tinggi Kejuruan ALAMNANIYAH di Ngawi. . (online). Tersedia: www.google.co.id , diunduh 23 maret 2017.

Hardi, dan cucut. S. 2015. Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Madrasah Aliyah Darul Ihsan Kota Makassar. (Online). Tersedia: www.google.co.id , diunduh 23 Maret 2017.

Jogiyanto, H.M. 1999. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan. Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Surabaya : Andi.

Kuswidiardi, Jenar. 2015.  Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Microsoft Visual Basic 6.0 Dengan Database Sql Server 2000 Di Perpustakaan Smk Ypkk 1 Sleman. (Online). Tersedia: www.google.co.id , Diunduh 10 Januari 2019.

Martina, Inge. 2004. 36 Jam Belajar Komputer. Borland Delphi 7. Jakarta: Elex media komputindo.

M.a. Ineke, pakereng. Dan teguh. W. 2004. Sistem Basis Data: Konsep Dan Pendekatan Praktikum. Yogyakarta: Graha ilmu.

McFadded, dkk. 1999. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Novita Sari, Tika. 2014. Pengembangan Dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Smk Negeri 2 Depok Sleman Berbasis Web. Tersedia: www.google.co.id , Diunduh 10 Januari 2019.

Nugroho, Adi. 2004. Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Yogyakarta : Graha Ilmu.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade