IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PENJUALAN ROTI DI DIFA RIEN'S BAKERY
Author (Penulis)
SITI TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0033
Abstract
IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PENJUALAN ROTI DI DIFA RIEN’S BAKERY
Siti Tri Wahyuni
12.1.03.03.0033
Fakultas Teknik – Prodi Sistem Informasi
Sitinurwahyuni08@gmail.com
HERMIN ISTIASIH, ST.,MM.,MT dan ARIE NUGROHO, S.Kom., MM.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis harus berfikir lebih keras dalam menyusun strategi untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Permasalahan pada penelitian ini adalah pemilik usaha dagang sering mengalami kesulitan untuk mengecek transaksi penjualan roti dan jumlah roti yang banyak terjual, karena data penjualan masih dicatat secara manual.
Masalah di atas dapat diselesaikan dengan menerapkan Association rule dengan algoritma apriori, algoritma ini bisa digunakan untuk menentukan pilihan yang terbaik dari beberapa macam alternatif yang tersedia, metode ini dianggap paling sesuai untuk menyeleseikan permasalahan ini karena perhitungannya cukup mudah dan cukup ringkas selain itu metode ini sesuai dengan perancangan sistem yang akan dibuat. Untuk penerapan metode ini akan dibuat suatu sistem/aplikasi berbasis desktop yang menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan MySQL sebagai database.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah suatu Aplikasi Penjualan yang menggunakan Association Rule dengan menggunakan algoritma apriori dapat digunakan untuk mengolah data penjualan yang begitu banyak menjadi suatu alternatif dimana dapat membantu pemilik usaha dagang melihat produk mana yang sering dibeli, serta dapat digunakan untuk melakukan promosi pembelian produk untuk meningkatkan penjualan.
Penerapan algoritma Apriori sangat praktis namun perlu dilakukan perbandingan dengan algoritma lain, untuk menguji sejauh mana Algoritma Apriori masih dapat diandalkan untuk memproses dan menemukan pola hubungan (asosiasi) antar item pada database berskala besar.
Kata Kunci: Data mining, Algoritma Apriori, Penjualan.