IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PENJUALAN ROTI DI DIFA RIEN'S BAKERY


Author (Penulis)

SITI TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0033

Abstract

IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PENJUALAN ROTI DI DIFA RIEN’S BAKERY Siti Tri Wahyuni 12.1.03.03.0033 Fakultas Teknik – Prodi Sistem Informasi Sitinurwahyuni08@gmail.com HERMIN ISTIASIH, ST.,MM.,MT dan ARIE NUGROHO, S.Kom., MM. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis harus berfikir lebih keras dalam menyusun strategi untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Permasalahan pada penelitian ini adalah pemilik usaha dagang sering mengalami kesulitan untuk mengecek transaksi penjualan roti dan jumlah roti yang banyak terjual, karena data penjualan masih dicatat secara manual. Masalah di atas dapat diselesaikan dengan menerapkan Association rule dengan algoritma apriori, algoritma ini bisa digunakan untuk menentukan pilihan yang terbaik dari beberapa macam alternatif yang tersedia, metode ini dianggap paling sesuai untuk menyeleseikan permasalahan ini karena perhitungannya cukup mudah dan cukup ringkas selain itu metode ini sesuai dengan perancangan sistem yang akan dibuat. Untuk penerapan metode ini akan dibuat suatu sistem/aplikasi berbasis desktop yang menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan MySQL sebagai database. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah suatu Aplikasi Penjualan yang menggunakan Association Rule dengan menggunakan algoritma apriori dapat digunakan untuk mengolah data penjualan yang begitu banyak menjadi suatu alternatif dimana dapat membantu pemilik usaha dagang melihat produk mana yang sering dibeli, serta dapat digunakan untuk melakukan promosi pembelian produk untuk meningkatkan penjualan. Penerapan algoritma Apriori sangat praktis namun perlu dilakukan perbandingan dengan algoritma lain, untuk menguji sejauh mana Algoritma Apriori masih dapat diandalkan untuk memproses dan menemukan pola hubungan (asosiasi) antar item pada database berskala besar. Kata Kunci: Data mining, Algoritma Apriori, Penjualan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI