PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA IKM (INDUSTRI KECIL MENENGAH) KONVEKSI PROGUL KEDIRI


Author (Penulis)

NURUL MUKHOIRIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0025

Abstract

Kata kunci: CRM, IKM, Konveksi Progul Kemajuan teknologi informasi saat ini diharapkan dapat mempermudah dan mengembangkan potensi Industri Menengah Kecil (IMK) yang sedang berkembang. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi diharapkan dapat mempermudah konsumen untuk berinteraksi dengan produsen mengenai produknya. Walaupun masih dalam lingkup industri kecil, namun para pengusaha mulai mengubah pola pikirnya dari faktor keuntungan ke arah faktor-faktor potensial, seperti kepentingan pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan oleh pengusaha. Penelitian dengan hasil rancangan berbasis Customer Relathionsip Management (CRM) khususnya pada Industri Kecil Menegah Konveksi Progul Kediri bertujuan untuk (1)Mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan yang tidak memakan waktu lama dan praktis (2) Merancang aplikasi penjualan berbasis web dengan penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM) (3) Pengusaha dapat menentukan produk yang disukai konsumen. (4) Mengaplikasikan metode Customer Relationship Management (CRM) pada sistem yang dibuat dalam peningkatan kualitas pelayanan konsumen. Dari hasil penelitian dan beberapa informasi yang didapat dari nara sumber, maka dibuatlah rancangan sebagai awal dari tahap implementasi sistem. Rancangan berupa gambaran awal aplikasi yang akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan produsen dan pelanggan. Beberapa tampilan dibuat minimalis dan responsive agar pelanggan lebih mudah melihat informasi produk. Selain itu rancangan halaman testimony atau FAQ juga sangant diunggulan dalam aplikasi ini karena untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan konsumen. Setelah rancangan dan penelitian dilaksanakan hasil yang diperoleh adalah berupa aplikasi online yang membantu pengusaha melayanai konsumen dengan cepat dan dapat melihat perkembangan pemasaran produknya. Selain itu produsen dapat menjalin hubungan baik dengan para pelanggan melalui testimony dan FAQ. Dengan begitu Sistem Informasi CRM dapat memudahkan produsen dalam meningkatkan kualitas produk, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, serta mengetahui produk yang paling diminati konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI