APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENET (CRM) PENJUALAN PADA PUSAT OLEH-OLEH SHINTA PARE
Author (Penulis)
YOGI ADITYO NURCAHYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.03.0002
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil teknologi komunikasi informasi, karena selama ini Pusat Oleh-Oleh Shinta mengalami kendala dalam memasarkan produk. Hal ini mendorong pemilik menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM) pada akhirnya tingkat persaingan bisnis semakin ketat menyebabkan banyak perusahaan yang kemudian tidak lagi memfokuskan aktivitas pemasaran mereka semata-mat pada pencarian pembeli baru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang konsep CRM sistem informasi penjualan menggunakan metode CRM di Pusat Oleh-oleh Shinta Pare. (2) Bagaimana membuat aplikasi sistem informasi penjualan menggunakan metode CRM di Pusat Oleh-oleh Shinta Pare. Dengan menggunakan CRM meningktakan layanan marketing, customer support dan menggambarkan suatu strategi pemenpatan client sebagai pusat proses. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah CRM pada Pusat Oleh-Oleh Shinta sebuah aplikasi berbasis web untuk melayani dan memberikan perkembangan proses penjualan dengan menggunakan sarana teknologi.