IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MUSEUM ANJUK LADANG
Author (Penulis)
EKO FITRI PUJI HARTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0430
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya minat masyarakat dalam mengunjungi Museum Anjuk Ladang, Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kunjungan tersebut dikarenakan adanya stigma masyarakat yang masih menganggap bahwa museum adalah tempat yang angker dan hanya sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah dan sebuah ruang pamer yang aktifitasnya monoton.
Permasalahan penelitian ini yaitu Bagaimana mengimplementasikan teknologi Augmented Reality sebagai media untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum serta dapat mengedukasi secara interaktif, menarik dan informatif untuk pengunjung Museum Anjuk Ladang?
Hasil pengembangan berupa aplikasi berbasis android bernama AR Museum Anjuk Ladang yang memiliki fitur 1) Menampilkan objek 3 dimensi, 2) Menampilkan teks serta audio deskripsi bangunan yang ditampilkan.
Kesimpulan setelah melakukan melakukan dengan adanya Aplikasi AR Museum Anjuk Ladang ini dapat membantu masyarakat untuk mengetahui isi deskripsi dari foto dokumenter di museum anjuk ladang secara informatif, menarik dan edukatif. Aplikasi ini dapat berjalan dengan menggunakan minimum sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean hingga versi yang terbaru Android 7.0 Nougat. Aplikasi AR museum dapat berjalan dengan menggunakan minimum RAM 1Gb dan berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 2 Gb keatas, pada device dengan spesifikasi RAM rendah, aplikasi tidak bisa berjalan lancar. Dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan pola image target terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D dengan minimal jarak 40 cm dan dengan minimal sudut 30°.